Jambi - Pemerintah Kota Jambi hari ini, Selasa (24/3/2020) akan melakukan sterilisasi di beberapa tempat umum, terutama sekolah dan tempat Ibadah dalam Kota Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya mengatakan ini merupakan gerakan massal pembersihan atau sterilisasi, muali dari sekolah TK, PAUD, SD dan SMP.

"Setelah itu kita akan sterilisasi seluruh bangunan tempat Ibadah yang ada di Kota Jambi, dan itu kita akan lakukan disetiap kecamatan," kata Fasha, Selasa (24/3/2020).

Selain Sekolah dan Tempat Ibadah, Tim juga berencana akan mensterilisasi pusat pelayanan Kesehatan, seperti Puskesmas, Klinik, Rumah sakit, baik itu swasta maupun milik pemerintah.

"Kami juga akan berencana menyemprotkan Disinfektan ke bangunan atau gedung di pinggir jalan raya. Yang akan di bantu oleh Water Cannon milik Polri dan Mobil Damkar," katanya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghambat dan mengentikan penyebaran Covid 19 di Kota Jambi, dan penyemprotan tersebut dalam tahap pencegahan penyebaran Covid 19.

"Kita tidak menginginkan dalam tahap pengobatan, tenaga medis dan pengobatan di Kota Jambi sangat minim sekali untuk pengobatan, yang kita upayakan saat ini adalah pencegahan," tegas Fasha.

Fasha berpesan keada Tim Penyemprot Sterilisasi, agar bekerja dengan penuh Tanggung Jawab, karena pekerjaan ini demi menyelamatkan anak cucu kedepan.

"Saya minta kepada saudara semua kita bekerja demi penyelamatkan anak cucu kita, saudara kita dimana saat ini sudah saya intruksikan dirumah masing-masing," ujarnya.

"Saat ini diujung tombak kita semuanya, saya mintak seluruh jajaran ASN maupun non ASN, TNI POLRI yang peduli pencegahan Virus corina ini," tambah Fasha.

Dirinya juga mengajak semuanya untuk menghentikan penyebaran Covid 19 ini. "Tugas kita ini tugas berat, jangan lupa jaga kebersihan terutama, lengkapi diri kita dengan masker, sarung tangan dan lainnya," pesan Fasha.

Lanjutnya, pada awal kegiatan kedepan harus selalu berkoordinasi setiap pagi, agar memudahkan pembagian baik cairan disinfektan maupun wilayah penyemprotan masing-masing kecamatan. "Ini tidak boleh dilakukan setiap hari, haris digunakan setiap tiga hari sekali," tutupnya.

Sementara itu, Feriadi selaku Kepala Dinas Damkar Kota Jambi mengatakan untuk melakukan sterilisasi tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 150 petugas gabungan dari selurun kecamatan, seperti OPD, TNI, POLRI dan Intansinterkait lainnya yang siap untuk melaksanakan penyemprotan di 11 kecamatan dalam Kota Jambi.

"Sasaran utama yakni sekolah, Rumah Ibadah yang berada di 11 Kecamatan dalam Kota Jambi," tutupnya. (*/uya)