HALOJAMBI.ID -  Hasil kerajinan tangan Karang Taruna Bersatu Kelurahan Muara Jangga Kecamatan Batin XXIV, berbentuk miniatur kapal layar pinisi serta rumah pohon, menyedot perhatian pengunjung Batanghari Expo 2019 HUT Kabupaten Batanghari Ke-71. Miniatur kapal layar pinisi dan rumah pohon tersebut, terbuat dari kayu hutan yang banyak tumbuh di sekitar Muara Jangga, seperti Kayu Pulai.

Pantauan Halojambinews sejak dibukanya Batanghari Expo 2019 tersebut Kamis kemaren (28/11/2019), banyak pengunjung yang memperhatikan dengan seksama miniatur tersebut serta menanyakan proses pembuatannya dengan salah satu anggota Karang Taruna Bersatu tersebut. Malahan data yang didapat, sudah banyak pengunjung yang memesan miniatur tersebut.

Camat Batin XXIV, Erwin, menerangkan bahwa usaha kerajinan tersebut dimulai sejak 2018 lalu.

" Mereka berkreasi membuat miniatur dari kayu Pulai tersebut sejak setahun yang lalu. Anggotanya 10 orang. Kami pihak kecamatan beserta Kelurahan Muara Jangga, terus memberi masukan dan dorongan agar mereka terus membuat kreasi-kreasi yang lain sampai ke proses finishing ya. Alhamdulillah, pada HUT PGRI di Batin XXIV beberapa waktu lalu, beberapa unit laku terjual" kata Erwin.

Di samping itu, sejak ditampilkan di Batanghari Expo 2019, pihak Dinas Koperindag Batanghari, menawarkan kerjasama dengan Karang Taruna Bersatu dalam hal pemberian pelatihan untuk pengrajin agar ke depannya hasil kerjakan dapat lebih meningkat lagi mutu dan kualitasnya.

" Pihak kami ditawari kerjasama oleh Dinas Koperindag Batanghari dalam hal peningkatan mutu dan kualitas, serta pelatihan untuk pengrajinnya. Alhamdulillah. Semoga perhatian dan kerjasama ini berguna sekali bagi pengrajin " tandas Erwin. (Fri)