Batanghari - Desa Hajran Kecamatan Batin XXIV, yang mempunyai jumlah penduduk sebanyak 1025 orang, yang terdiri dari 318 KK, dan bermata pencarian dominan di sektor pertanian dan perkebunan ini, mewakili Kabupaten Batanghari dalam Desa Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS ) 2019 Tingkat Provinsi Jambi, kategori PHBS rumah tangga.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Elfi Tennis, Jumat kemaren (04/10/2019) di ruang kerjanya.

" Benar, Desa Hajran mewakili Kabupaten Batanghari ke tingkat Provinsi Jambi dalam lomba Desa PHBS kategori rumah tangga. Kamis kemaren (03/10/2019) tim provinsi sudah datang ke sana untuk melaksanakan penilaian." Kata Elfi.

Dalam lomba tersebut, sambungnya, ada 10 indikator yang menjadi penilaian. Yaitu, pertolongan kesehatan oleh tenaga kesehatan, bayi yang diberi ASI eksklusif, rumah tangga yang menimbang balita, rumah tangga yang menggunakan air bersih, jamban sehat, pemberantasan jentik nyamuk di rumah, budaya cuci tangan pakai sabun, makan sayur dan buah, melakukan aktifitas fisik seperti senam bersama, serta rumah tangga yang tidak merokok dalam rumah.

" Sepuluh indikator PHBS kategori rumah tangga tersebut, menjadi penilaian oleh tim Provinsi Jambi." Terang Elfi.

Dalam mewakili lomba PHBS tersebut, masyarakat Desa Hajran, sudah mempersiapkannya sejak lama Di samping melaksanakan program PHBS Kategori rumah tangga, juga melaksanaka PHBS sekolah, dan PHBS tempat kerja. Karena program tersebut berjalan dengan baik, Desa Hajran menjadi yang terbaik dalam program PHBS Kecamatan Batin XXIV. 

" Semoga Desa Hajran, dapat penilaian yang terbaik dalam lomba tingkat Provinsi Jambi ini. Mohon doanya." pungkas Elfi. (Fri)


loading...