Bupati Tanjabbar Hadir Selaku Inspektur Upacara

KUALATUNGKAL-Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti ke 74 Kementerian Agama RI yang dilangsungkan di Kabupaten Tanjungjabung Barat hari ini Jumat (3/12) berlangsung lancar dan khidmat dengan bertindak selaku inspektur upacara Bupati Dr. Ir. H Safrial MS yang diikuti oleh segenap personal pejabat, staf dan pegawai serta ASN dilingkup Kementerian Agama di wilayah ini berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama jalur dua Parit Gompong, Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir, Kualatungkal.

Tepat pukul 07.00 Wib upacara bendera dalam rangka perayaan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama dimulai sebagaimana Pantauan Halo Jambi News yang ditandai dengan 6 Bupati Tanjungjabung Barat dengan berdiri dipodium utama guna memimpin upacara bendera tersebut. Pengibaran bendera berlangsung sukses dengan tiga orang pelajar bertugas menjadi pengibar bendera, usai pengibaran bendera berlangsung dilanjutkan dengan seluruh peserta upacara dengan dipimpin oleh inspektur upacara mengheningkan cipta, upacara berlanjut dengan inspektur upacara membacakan teks Pancasila yang ikuti oleh seluruh peserta upacara. Lalu setelah ini dua petugas masing-masing membacakan Naskah Pembukaan UUD 1945 dan Naskah Panca Prasetya Kopri. Sesuai susunan acara kemudian inspekstur upacara membacakan Naskah Amanat Menteri Agama RI. Dimana dalam amanah tersebut disampai Menteri Agama sebagaimana yang disuarakan oleh inspektur upacara yaitu, Saudara-saudara sekalian,

Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan agama dan negara, yaitu “teori integrasi”, penyatuan agama dengan negara, dan “teori sekularisasi”, pemisahan agama dengan negara. Para founding fathers negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun.

Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.

Keshalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain. Kita dapat menjadi umat beragama yang shaleh sekaligus menjadi warga negara yang baik. Saya ingin mengutip pesan Pahlawan Nasional almarhum Jenderal Besar TNI Dr. Abdul Haris Nasution yang sangat relevan dengan misi yang dijalankan oleh Kementeian Agama, yakni, “Sebagai negara baru kita tidaklah sekadar ingin mengejar ketertinggalan terhadap negara-negara maju, melainkan sebagai orang beriman kita ingin membangun kehidupan bermartabat spiritual dan material dengan ridla Allah.”ucap Bupati menirukan naskah Amanah Menteri Agama Fachrul Razi.

Menutup Kegiatan Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama tersebut usai upacara bendera berlangsung Bupati Tanjungjabung Barat tampak mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjungjabung Barat Drs. H Hasbi M.Pd.I saat melakukan pemotongan tumpeng dilanjut dengan acara ramah tama dan sesi photo bersama.

Namun sebelum seluruh rangkaian kegiatan berakhir, Bupati didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. Hasbi melakukan penyematan tanda jasa terhadap berapa pejabat dilingkup Kemenag Tanjungjabung Barat penerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya yaitu atas nama A. Dardiri S.Pd.I, Asiyah, Siti Azizah Purbaningrum, H. Muhammad Ali, S.Ag. dan dua lainnya yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Tanjungjabung Barat H Ahmad Yamin S. Ag serta Kepala Seksi Bimbingan Islam Kantor Kementerian Agama Tanjungjabung Barat Drs. H Margawis M. Fil.I.

Sehari sebelum dilaksanakan puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) sebagaimana yang digelar hari ini Panitia Pelaksana telah mempersiapkan kegiatan dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi Kementerian Agama tersebut dalam hal ini Ketua Panitia Pelaksana H Ahmad Yamin saat dikonfirmasi Halo Jambi News Kamis (2/1) mengemukakan pihaknya menggelar berbagai kegiatan diantaranya Pertandingan Badminton, Tenis Meja, Lomba Merias Wajah Tanpa Kaca bagi ibu-ibu, Lomba Merias Nasi Tumpeng dan Kegiatan Jalan Santai disertai pembagian hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung. "Selanjut usai acara Jalan Santai kita menggelar acara tasyakuran dan makan siang bersama," ujar Yamin.

Menurut Yamin adapun peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 74 tahun bertema,"Umat Rukun Indonesia Maju"

Saat usai seluruh rangkaian acara berakhir sengaja Halo Jambi News melakukan wawancara dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanjungjabung Barat Drs. H Hasbi M. Pd. I terkait kegiatan Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag 2020 tersebut." Sampai saat ini kegiatan berjalan baik, saling dukung dan mengisi. Alhamdulillah Pak Bupati sangat antusias sekali untuk hadir di Kementerian Agama melaksanakan upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama hari ini," ujar Hasbi. 

Acara Silaturrahmi dengan Purna Bhakti di lingkup Kantor Kementerian Agama Tanjungjabung Barat menjadi penutup dari seluruh kegiatan yang berlangsung dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Tanjungjabung Barat. (ifa/adv) 

Berikut rangkaian foto-foto kegiatan selama upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di Kualatungkal, Tanjab Barat: