KUALATUNGKAL-Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat gelar Tabligh Akbar di Masjid Agung Al-Istiqomah Kualatungkal dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H Tahun 2020. Ahad (15/3).

Dalam rangka kegiatan Tabligh Akbar yang diselenggarakan tersebut, Pemkab Tanjungjabung Barat sengaja menghadirkan sosok penceramah yang namanya cukup terkenal yaitu Al-Ustadz Riza Muhammad yang kerap muncul di televisi.

Menurut pantauan Halo Jambi News masyarakat dan jamaaah terlihat sangat bersemangat mengikuti acara relegius tersebut dengan memenuhi seluruh ruangan Masjid Agung Al-Istiqomah Kualatungkal.

Acara Tabligh Akbar yang berlangsung dimulai dengan kata sambutan Bupati Tanjungjabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dimana pada kesempatan tersebut Bupati mengungkapkan bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriyah yang didalamnya terdapat suatu peristiwa besar bagi umat Islam yang disebut dengan peristiwa Isra dan Mi'raj, dimana pada peristiwa ini Rasulullah mendapat perintah untuk menunaikan shalat dari Allah SWT.

Lebih lanjut Bupati mengatakan peringatan Isra' Mi'raj ini diharapkan dapat dijadikan momentum bagi umat islam dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan memperbaiki dan menyempurnakan shalat.

"Melalui Peringatan ini, kaum muslimin dapat mengambil hikmah atau pelajaran agar menjadi I'tibar serta tauladan, sekaligus menyemarakkan Syiar Islam sebagai bagian dari kegiatan dakwah untuk mengajak kepada sesama kejalan Allah SWT," sebut Bupati.

Bupati juga mengajak kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan mendukung dalam rangka mensukseskan program pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, baik pembangunan fisik maupun pembangunan Sumber Daya Manusia.

"Saya berharap partisipasi dan dukungan Masyarakat dalam rangka mensukseskan Program Kerja Pemerintah baik yang bersifat pembangunan Fisik maupun pembangunan karakter mental dan spiritual Masyarakat untuk bertekad mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang maju, adil,makmur, Bermartabat dan Berkualitas," harapnya.

Sementara itu, Ustadz Riza Muhammad dalam ceramahnya, selain menyampaikan tentang ajaran shalat dan dampaknya bagi kehidupan, ia juga mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta mengajak masyarakat untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Ustadz Riza juga mengisahkan tentang perjalanan suci Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah yaitu perjalanan yang disebut Isra dimana Rasulullah menuju Masjid Aqsho di Palestina. Kemudian Rasulullah tiba di langit tertinggi yaitu Sidratul Muntaha guna menerima perintah agung Ilahi terkait pelaksanaan sholat lima waktu yang diwajibkan bagi Rasulullah dan umatnya. Dengan Miraj yang  adalah perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha yang merupakan lawatan akhir Rasulullah diluar orbit bumi untuk menerima perintah shalat dari Allah.

Terpantau hadir pada acara tabligh akbar ini jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua MUI, serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Tanjungjabung Barat.(ifa)