SAROLANGUN - Maraknya tambang galian C di sepanjang aliran sungai tembesi Kabupaten Sarolangun yang tidak memiliki surat izin (Illegall) menjadi perhatian publik, Kamis (19/03/2020).

Ketua KNPI Sarolangun Martin angkat bicara terkait galian C yang tidak memiliki izin tersebut.

Ia mengatakan Sat pol-pp untuk bertindak tegas dan menertibkan usaha galian C yang tidak memiliki surat izin. "Bukan hanya itu, dari pihak Dinas ESDM Provinsi Jambi jangan diam saja, Kakayaan alam di daerah sarolangun semakin hari semakin habis di keruk oleh para usaha galian C yang tidak memiliki surat izin, "Kata Martin.

Sementara itu, Kabid Pengawasan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Sarolangun Sohadi Sohan juga mengatakan galian C yang berada di Sarolangun diakui tidak satupun memiliki izin.

"Kami menyarankan segera urus surat izin terlebih dahulu dengan segara, apabila tidak kami meminta penegak perda dan hukum yang akan bertindak seperti sat pol-pp dan kepolisian, "Jelasnya.

"Kami meminta kepada pihak dinas terkait ESDM Provinsi jambi jangan diam saja dan jangan memandang remeh tentang galian C ini, "Tandasnya.(regi)