Jambi - Rumah Aman atau rumah perlindungan yang disediakan bagi pemerintah setiap daerah di Indonesia, adalah rumah tempat menampung secara rahasia bagi korban kekerasan, baik fisik maupun seksual terhadap anak-anak maupun wanita.

Untuk Provinsi Jambi, baru satu Rumah Aman yang ada, yakni di Kota Jambi. Sementara itu, untuk Kabupaten Batanghari, sudah diagendakan.

Hal ini dikatakan Kepala DPPKBP3A kabupaten Batanghari, Tesar Arlin, Jumat (20/03/2020) kepada Halojambinews di ruang kerjanya.

" Benar. Rumah Aman bagi korban kekerasan fisik maupun seksual bagi anak-anak maupun wanita, yang keberadaannya dirahasiakan, baru satu di Provinsi Jambi, yakni di Kota Jambi. Untuk Kabupaten Batang Hari, sudah diagendakan pembangunannya." kata Tesar.

Apabila sudah dibangun di Batanghari, maka keberadaan rumah aman tersebut, dirahasiakan, sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh pemerintah bertujuan untuk untuk memberikan rasa aman bagi korban serta melindungi keberadaan mereka dari pelaku kekerasan.

" Sangat dirahasiakan. Supaya korban kekerasan tersebut merasa aman dan terlindungi. Di samping lokasi rumah aman tersebut dirahasiakan, sumber daya manusia rumah aman tersebut juga dirahasiakan, termasuk pembatasan akses ke dalam rumah aman maupun di dalam rumah aman tersebut," ujar Tesar lagi.

Pihak DPPKBP3A Kabupaten Batanghari terus melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat untuk memberikan pemahaman bila mengalami kekerasan.

" Masyarakat yang mengalami kekerasan, silahkan melapor ke pemerintahan desa, karena unsur kepolisan, kesehatan dan lainnya ada di sana" tandas Tesar.( Fri)