JAMBI - Untuk memutus mata rantai penularan corona virus disease (Covid-19) pada transportasi massal milik Pemprov Jambi, Trans Siginjai dilakukan penyemprotan disinfektan pada pagi Senin (23/3).

Mulai dari halte hingga semua sisi dan dalam bis disemprot untuk membunuh virus. Selain itu, para penumpang dan supir diberikan masker. Kemudian tempat kapasitas muatan bus dikurangi, dengan memberi jarak tempat duduk antar penumpang sekitar satu meteran.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, menyampaikan armada Trans Siginjai saat ini ada 10 unit di dua koridor, semuanya disemprot dengan disinfektan.

"Ini salah satu wujud kepedulian Pemprov dalam mengantiisipasi penularan wabah virus Covid-19," ujarnya. 

Ia berharap angkutan lain juga ikut serta peduli terutama transfortasi umum agar dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Selain itu, kata Varial, semua armada Trans Siginjai juga telah disiapkan Hand Sanitizer di pintu-pintu masuk. "Selain itu juga bagi penumpang yang belum menggunakan masker juga diberikan masker," sebutnya.

Diakui Vahrial, dengan sejak mewabahnya virus Corona ini, jumlah penumpang mengalami penurunan. "Jadi penurunan jumlah penumpang saat ini merupakan sesuatu hal yang wajar, di Jambi saat ini sudah hampir 50 persen penurunan Jumlah pemumpang, akibat Corona ini," tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Poitik, Asraf mewakili Gubernur Jambi menyampaikan apa yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan hari ini menunjukkan kepedulian OPD tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

"Imbauan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah ini adalah untuk kepentingan seluruh masyarakat, untuk memutus penyebaran Virus Corona," sampai Asraf. (uya)