Jambi - PT Angkasa Pura II Cabang Jambi terus berupaya melakukan pencegahan penularan wabah Covid-19 melalui Bandara Sultan Thaha.

Mulai hari Kamis tanggal 26 Maret 2020, berkerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 3 Jambi melakukan penambahan 2 unit Walk Through Disinfection (WTD) sehingga secara keseluruhan menjadi 3 unit untuk sterilisasi penumpang baik yang datang maupun pergi.

M Hendra Irawan selaku Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi menjelaskan bahwa kedua fasilitas WTD baru ini akan dioperasikan di terminal kedatangan untuk mengurai antrian penumpang datang, sedangkan untuk fasilitas WTD yang lama dipindahkan ke terminal keberangkatan sehingga seluruh penumpang baik yang baru datang ataupun akan berangkat melalui Bandara Sultan Thaha Jambi dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.

PT Angkasa Pura II bersama KKP terus mengevaluasi kebutuhan fasilitas atau prosedur penanganan pencegahan potensi penularan virus covid-19 melalui Bandara Sultan Thaha Jambi sebagai pintu masuk penumpang dari berbagai daerah termasuk dari wilayah terpapar.

Irawan menambahkan bahwa untuk 2 fasilitas WTD baru tersebut, KKP mendukung penuh dalam hal penyediaan alat semprot disinfektan, sedangkan pihaknya menyiapkan fasilitas chambernya.

Ali Isha Wardhana selaku kepala KKP Kelas 3 Jambi dihubungi terpisah mengucapkan apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah inisiatif yang telah dilakukan Angkasa Pura II selama ini dalam penanganan pencegahan covid-19 di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Ali menambahkan bahwa sebagai tindak lanjut surat Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI terkait Penetapan Status Karantina Untuk Kapal atau pesawat Yang Berasal Dari Wilayah Terjangkit di Indonesia, pihaknya sedang mempersiapkan pemberlakukan prosedur penyerahan Health Alert Card (HAC) di Bandara Sultan Thaha Jambi. (*)