Jambi - DPRD Kota Jambi kembali menggelar rapat paripurna beragendakan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 3 usulan Ranperda Kota Jambi, Senin (16/3). Rapat paripurna di selenggarakan di ruang Swarna Bumi, Gedung DPRD Kota Jambi.

Sidang paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan didampingi M Fauzi, Roro Nully Kurniasih Kawuri, dan Pangeran HK Simanjuntakselaku wakil ketua DPRD Kota Jambi. Tampak juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana, Sekwan DPRD Kota Jambi, Nella Ervina, beserta tamu undangan lainnya.

Pada sidang paripurna tersebut, delapan fraksi DPRD Kota Jambi hanya menyerahkan pandangannya secara tertulis. Kendati hanya tertulis, setiap fraksi diketahui mendukung usulan 3 ranperda yang disampaikan oleh Wali Kota Jambi beberapa waktu lalu.

Ketua Fraksi PDIP, Maria Maghdalena mengatakan, fraksi yang ia ketuai tersebut mendukung apa yang diusulkan oleh pihak eksekutif dalam hal ini Pemkot Jambi.

“Namun korelasi kedepannya seperti apa, representasinya juga seperti apa dan sosialisasinya seperti apa. Sebab banyak perda-perda terdahulu, belum terlaksana. Intinya pandangan fraksi minta ketegasan pemerintah. Kami tetap mendukung,” sebutnya.

Dari perwakilan dari fraksi PKS. H.Jarul mengatakan Mengenai Ranperda kepemudaan dan keolahrgaan, pihaknya meminta agar ada keseimbangan terkait pembinaan spiritual dan mental kepemudaan.

“Kita mendukung, hanya saja bukan persoalan fisik. Namun spiritual juga harus dikuatkan. Dan bagaimana pemuda cinta terhadap kebangsaan,” ungkap Jasrul.

Sementara itu terkait Ranperda rumah susun, pemerintah juga harus mampu membuka area hijau dan melihat sejauhmana urgensinya rumah susun untuk masyarakat Kota Jambi.

“Ya harus menyediakan ruang terbuka hijau untuk aktivitas olahraga dan lainnya. Namun lihat juga sebarapa urgensinya, jangan nanti sudah dibangun malah tidak terpakai atau terbengkalai,” tutupnya.

Ketua DPRD Kota Jambi, Absror Hasibuan menyebutkan, pandangan-pandangan umum fraksi tersebut memberikan masukan kepada Pemkot Jambi untuk membuat peraturan daerah Kota Jambi.

“Saya yakin semua fraksi memberikan masukan-masukan yang objektif untuk Pemkot Jambi,” singkatnya.

Pantauan dilapangan, Pandangan Umum Fraksi Gerindra diserahkan langsung oleh M Yasir, sementara PDIP diserahkan langsung oleh Suitono, Fraksi Demokrat Kebangsaan, diserahkan oleh Syofni Herawati, Frakai Nasdem oleh Maya Fitria Siregar, Fraksi PKS oleh Kurniawansyah, Fraksi PAN oleh Novrial, Fraksi Golkar oleh Syaiful, dan Fraksi Persatuan Bintang Rakyat Berkarya, oleh Sri Fatmawati. (*)