Jambi - Bertempat diruang Swarna Bumi, DPRD Kota Jambi, kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda jawaban Eksekutif terhadap pandangan umum fraksi-fraksi terhadap tiga usulan Ranperda Kota Jambi,gedung DPRD Kota Jambi,rabu (18/3/2020)

Dalam rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan didampingi M Fauzi, Nully Kurniasih Kawuri, Pangeran HK Simanjuntak selaku wakil ketua DPRD Kota Jambi. Selain itu juga dihadiri langsung oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha. 

Pada Kesempatan itu Walikota Jambi Syarif Fasha menyampaikan bahwa pandangan umum fraksi-fraksi terhadap tiga usulan Ranperda Kota Jambi telah dijawab olehnya namun pastinya masih ada jawaban yang belum sesuai. Oleh sebab itu dirinya berharap agar kekurangan tersebut dapat dilengkapi di rapat Pansus.

“Masih ada mekanisme di dalam pansus nantinya untuk lebih mengkoordinirkan lagi atas pertanyaan ini, atas usulan-usulan dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak termasuk dalam naskah akademis. Mohon dilengkapi saja terhdap buah-buah pikiran ide-ide anggota dewan demi sempurnanya ketiga perda ini,” terangnya.

Lanjut Walikota Jambi Syarif Fasha juga menjawab pertanyaan fraksi PKS. Dimana disampaikan oleh Juru Bicara Jasrul bahwa mengenai Ranperda kepemudaan dan keolahrgaan, pihaknya meminta agar ada keseimbangan terkait pembinaan spiritual dan mental kepemudaan. Terkait hal tersebut, pemerintah berkomitmen untuk hal tersebut. Dimana hal itu dibuktikan dengan perekrutan guru Tahfidz. Dimana saat ini sudah mencapai 200 orang. Hal itu bertujuan untuk membentuk generasi kepemudaan di kota Jambi yang memiliki nilai spiritual yang baik. 

"Selain itu juga nantinya bisa menggelar pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk membentuk skill atau kemampuan para pemuda di kota Jambi," tambahnya.

Selain itu pemerintah kota Jambi juga memiliki komitmen untuk membangun sarana dan prasarana olahraga. Nantinya di setiap RT di seluruh wilayah Kota Jambi memiliki venue olahraga yang dapat dimanfaatkan untuk kebugaran dan juga membentuk prestasi. 

"Mungkin bisa dilengkapi dengan tenis meja, catur atau lainnya. Karena kalau lapangan bola itu tidak mungkin tiap RT," katanya.

Pihaknya juga berencana akan membangun sport center dan juga stadion. Nantinya akan dibangun skema dengan meminjam dana kepada PT SMI. Jika disetujui maka pembangunan stadion tersebut akan dilaksanakan tahun depan. 

Fasha juga menjawab pertanyaan dari Fraksi PDI Perjuangan. Dimana saat itu disampaikan oleh Maria Magdalena. Fraksi tersebut meminta setelah Perda kerjasama antar daerah selesai, diharapkan dapat menyumbang Pendapatan asli daerah kepada kota Jambi. 

"Kami sepakat, bisa kita bentuk kerjasama dengan Kabupaten tetangga seperti persampahan PDAM dan lain sebagainya," katanya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kota Jambi, Absror Hasibuan menyebutkan, jawaban eksekutif tersebut terhadap pandangan-pandangan umum fraksi memberikan gambaran kepada DPRD untuk membuat peraturan daerah Kota Jambi. “Akan segera dibentuk Pansus, lebih dalam akan dibahas di Pansus,” singkatnya.

Sementara itu Kantor DPRD Kota Jambi juga melakukan penyemprotan disinfektan, kemarin (18/3). Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19.

Disampaikan Dra.Nella Ervina,MM.Agr,sekretaris DPRD Kota Jambi bahwa penyemprotan tersebut dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang disarankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tempat- tempat yang sering dikunjungi.

“ini sudah Sesuai dengan saran salah satu protokol WHO pada tempat yang akan dikunjungi oleh banyak orang itu membutuhkan penyemprotan disinfektan,” katanya.

Menurut Nella, DPRD Kota Jambi terutama ruang paripurna merupakan tempat yang selalu ramai untuk melakukan pertemuan dan acara rutin sehingga harus dilakukan penyemprotan untuk mengantisipasi pencegahan meluasnya penyebaran virus corona.

“Sedangkan di ruang paripurna ini kita mengadakan acara ini rutin, dan kita juga selalu mengadakan kegiatan rapat di DPRD, maka kita melakukan penyemprotan seluruh ruangan di DPR ini, upaya ini dilakukan untuk mengantispasi meluasnya penyebaran virus corona,” pungkasnya. (*)