Sejumlah Tempat Wisata telah ditutup

Jambi - Merebaknya virus corona atau Covid-19 beberapa bulan terakhir di dunia khususnya di Indonesia membuat kunjungan destinasi wisata berkurang, bahkan tidak sedikit objek wisata tersebut ditutup. 

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Lies Indriani mengatakan untuk di Provinsi Jambi sendiri sudah banyak tempat-tempat wisata yang ditutup. Hal tersebut dilakukan, atas himbauan yang telah dikeluarkan oleh Gubernur Jambi.

Adapun, tempat wisata yang telah ditutup atau disterilisasi yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Candi Muaro Jambi, Museum Siginjai, Museum Perjuangan, Museum Gentala, Taman Budaya dan pendakian Gunung Kerinci.

"Sementara waktu kita tutup, menunggu hingga waktu memungkinkan kembali untuk dibuka sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan," ujarnya, kepada Halo Jambi. Rabu (18/3/2020).

Untuk tempat wisata milik swasta, Lies mengimbau agar menyiapkan sarana dan prasarana kebersihan seperti hand sanitizer bagi pengunjung. Akan tetapi, sebaiknya tempat wisata tersebut ditutup sementara waktu.

Mengenai kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal ke Provinsi Jambi, Lies menyebutkan sejak Januari hingga Maret 2020 hanya terdapat sebanyak 669 kunjungan. Menurun drastis, dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1900 kunjungan.

"Ini akibat, banyaknya ditutup penerbangan dari Indonesia ke sejumlah negara. Seperti Padang telah menutup penerbangan Air Asia ke Malaysia untuk mengantisipasi tertularnya virus corona," jelas Lies. 

Sementara itu, akibat merebaknya virus Covid-19 tingkat okupansi hotel juga ikut menurun dari Januari - Februari sekitar 30-40 persen.

"Selain adanya virus corona, anggaran pemerintah yang belum berjalan di awal tahun juga menjadi penyebab menurunnya tingkat okupansi hotel," tandasnya. (uya)