JAMBI - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Patriotik Universitas Batanghari (Unbari) untuk pertama kalinya, berkesempatan menjadi tuan rumah Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di Jambi. Kegiatan bekerjasama dengan Forum Pers Mahasiswa Jambi (FPMJ) dan menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jambi.

FPMJ sendiri tergabung dari beberapa LPM di Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi, antara lain, LPM Patriotik Universitas Batanghari, LPM Genta FKIP Universitas Jambi, LPM Biru Merdeka Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin dan LPM Jampink Stikom Dinamika Bangsa.

Dijadwalkan agenda PJTLN perdana ini akan dilaksanakan dari tanggal 13-18 November 2019 mendatang, dengan tema "Mobile Journalism".  Pelatihan Jurnalistik ini, akan diikuti 30 orang peserta yang diseleksi dari Perwakilan LPM yang ada di setiap kampus di Indonesia. 

Pembukaaan akan berlangsung di Ruang Aula Abdurrahman Sayoeti, Universitas Batanghari, Jambi tanggal 13 November 2019, yang akan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Batanghari,  H. Fakhruddin Razi, SH, MH. Kemudian, agenda pelatihan dilanjutkan di Asrama Haji, Kota Jambi.

Pimpinan Umum LPM Patriotik Unbari, Wahyu Jati Syawaludin mengatakan, bahwa PJTLN ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Festival Media (Fesmed) 2019 yang akan diselenggarakan AJI, dan tahun ini Jambi ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Kegiatan skala nasional ini, bertepatan dengan agenda Festival Media yang diselenggarakan AJI Jambi. Oleh karena itu, kita dari Forum Pers Mahasiswa Jambi berkolaborasi dengan AJI Kota Jambi," kata Pimpinan Umum LPM Patriotik, yang juga Koordinator FPMJ, Wahyu Jati, Senin (09/09/2019).

Dia mengatakan bahwa untuk PJTLN akan diisi sejumlah materi yang menarik dan bakal menghadirkan pemateri handal sesuai bidangnya masing-masing yang erat kaitannya dengan mobile journalism.

Yang lebih istimewa, menurut Wahyu, setelah peserta mengikuti PJTLN Jambi, mereka bakal bisa menjadi bagian dalam Fesmed pada 16-17 November yang terdiri dari banyak kelas, workshop, training, dengan pemateri yang juga handal. 

Sejumlah peserta PJTLN mendapat tempat untuk mengikuti berbagai materi di Fesmed. Mulai dari jurnalisme data, fotografi dan videografi, jurnalisme lingkungan, training cek fakta, dan masih banyak lagi lainnya.

"Ini agenda pertama kita, untuk mengadakan PJTLN di Provinsi Jambi dan menjadi tuan rumah bagi rekan-rekan pers mahasiswa yang ada di setiap daerah dan kampus di Indonesia. Target kita untuk peserta, sekitar 30 orang melalui seleksi nantinya," jelasnya.

Wahyu Jati menambahkan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mejalin silaturahmi antar pers mahasiswa seluruh Indonesia, dan untuk mengenalkan kepada pers mahasiswa tentang gambaran pers di masa depan yang menggunakan online dan teknologi.

Selain itu, tujuan dari agenda PJTLN ini, untuk memfasilitasi pengguatan skill pers mahasiswa dalam keterampilan mencari, mengelolah dan menyajikan hasil liputan, serta membiasakan, melatih dan mengaplikasikan pers mahasiswa yang kritis, dalam pembuatan berita di setiap pers mahasiswa di Indonesia. 

"Kegiatan ini, untuk mensinergikan upaya kolaborasi dalam mempersiapkan pers mahasiswa menghadapi perubahan dunia pemberitaan yang semakin pesat mengikuti revolusi industri 4.0. Para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tapi mereka juga diharapkan bisa mengaplikasikannya," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PJTLN, Karina Gusnasari juga berharap, semoga para peserta nantinya dapat belajar bersama untuk meningkatkan kemampuan di bidang Mobile Journalism, dengan pemateri Andi Muhyidin, yang merupakan jurnalis nasional dari Media Liputan6.com, Joni Aswira dari CNN Indonesia, maupun Hendra Makmur dari Langgam.id.

"Para peserta selama pelatihan nanti,  selain akan mendapatkan materi, mereka juga akan langsung praktik di lapangan dan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga kegiatan ini nantinya dapat bermanfaat untuk kemajuan kita bersama, dan bisa diaplikasikan di LPM mereka masing-masing," tutupnya. (*)


loading...