Home / Mata Jambi / Halo Barat / 18 Pedagang Sepakat Lunasi Hutang Ke Pemda

18 Pedagang Sepakat Lunasi Hutang Ke Pemda

 

SAROLANGUN,Halojambi.id – Belasan pedagang penyewa ruko milik Pemda Sarolangun di komplek ruko Abadi menandatangani nota kesepakatan dengan pihak Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Sarolangun, tentang pelunasan piutang sewa ruko. MoU ini terkait dengan tunggakan pembayaran sewa ruko oleh pedagang yang mencapai ratusan juta.

M. Saman Kasi Subbid Penagihan BPPRD Sarolangun mengatakan 18 pedagang sepakat akan melunasi utang mereka hingga akhir Desember tahun ini. Hal itu sesuai isi MoU yang ditandatangani pedagang beberapa hari yang lewat dan Ia juga mengatakan jika besarnya tunggakan pedagang tak sama.

“Macama-macam, berfariasi ada yang Rp 15 juta ada yang Rp 30 juta,” katanya

Pedagang juga menyepakati jika sampai dengan akhir tahun 2018 ini mereka belum bisa melunasi tunggakan uang sewa, ruko yang mereka tempati siap ditutup secara sepihak oleh pihak BPPRD.

“Sesuai dengan nota kesepakatan, kita akan melakukan penutupan secara sepihak sesuai dengan Perna No. 10 Tahun 2016,” kata Saman.

Namun katanya, penutupan tidak serta merta pada akhir tahun pedagang yang belum melunasi piutang, ruko yang disewa akan ditutup.

“Sebelum melakukan penutupan setidaknya kita j akan mengirimkan surat pemberitahuan terlebih dulu sebelum jatuh tempo pembayaran utang. “Jelasnya

Sementara itu M. Zaidan Kepala BPPRD Sarolangun mengatakan, alasan para pedagang menunggak pembayaran sewa ruko dikarenakan daya beli masyarakat yang lemah, sehingga omset penjualan pedagang menurun.

“Alasannya ya itu, harga karet rendah, pembeli sepi,” katanya.

Diketahui, menurut data BPPRD Sarolangun, piutang penyewa ruko milik Pemda Sarolangun di komplek Abadi, Sarolangun mencapai Rp 892 juta. piutang tersebut terhitung sejak 2010 hingga akhir 2017, dan setiap penyewa punya besaran piutang yang berbeda. (Ajk)

About Halo Jambi

Baca Juga

Pemkab Bungo Peringati Hari Pahlawan

  MUARA BUNGO, Halojambi.id Sabtu 10 November 2018 Pemerintah Kabupaten Bungo memperingati hari pahlawan ke-73 …