Home / Mata Jambi / Halo Timur / 33 Calon Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Ikuti Tes Akademik di Rayon Tanjab Barat

33 Calon Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Ikuti Tes Akademik di Rayon Tanjab Barat

Foto Bersama Kepala BKP-SDM Tanjab Barat bersama Calon Taruna STP Rayon Daerah di Kampus Diklat BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat

TANJAB BARAT, halojambi.id – Sebanyak 33 orang peserta Calon Taruna Taruni Baru Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta Tahun Akademik 2018/2019 se Provinsi Jambi mengikuti Tes Akademik yang diselenggarakan di Rayon Daerah Kabupaten Tanjab Barat, Kampus Diklat BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (03/07/18).

Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat Drs. Encep Jarkasih mengatakan mereka 33 orang yang mengikuti tes akademik tersebut adalah calon yang mendaftar melalui jalur umum rayon daerah yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi pemberkasan oleh Panselnas STP di BKPSDM Tanjab Barat, Senin kemarin (02/07/18).

“Mereka ada yang berasal dari Kabupaten Tanjab Barat, Kota Jambi, Muaro Jambi, Kerinci, Sungai Penuh dan bahkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” terang Encep Jarkasih di Kampus Diklat BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat.

Lanjut, Encep Jarkasih menjelaskan Kabupaten Tanjab Barat ditunjuk sebagai rayon daerah Provinsi Jambi berdasarkan Surat Ketua STP Jakarta Nomor : B.2361/STP/TU.210/IV/2018 tanggal 23 April 2018. Semua ini merupakan upaya keras Bupati Tanjab Barat H. Safrial, untuk menyiapkan SDM putra putri daerah dapat dididik sebagai Taruna Program Diploma IV STP menjadi tenaga profesional bidang kelautan dan perikanan.

“Calon taruna yang lulus seleksi selama mengikuti pendidikan di STP Jakarta mendapatkan beasiswa penuh dari Kementrian Kelautan dan Perikanan dan di asramakan selama pendidikan.

Kita berharap banyak calon taruna dari rayon Kabupaten Tanjab Barat yang lolos dan diterima di STP tahun ini yang merupakan tahun pertama Pemkab Tanjab Barat dtunjuk sebagai rayon daerah Jambi,” ujarnya

Encep Jarkasih menambahkan, dari 33 peserta jalur umum tersebut, masih ada lagi 10 orang peserta yang mendaftar melalui jalur khusus, jalur khusus ini hanya diperuntukan bagi anak nelayan, jadi totalnya ada 43 orang.

“Bedanya yang jalur khusus pemberkasan langsung di STP Jakarta, di daerah mereka tidak di tes akademik melainkan hanya tes fisik dan wawancara,” tukasnya.

Sementara Panitia Pentaru STP Jakarta, Edi Sugriwa H, S.Pi, MM didampingi M. Noor Auliya, S.Sos, M.AP mengatakan ujian tes akademik dilakukan selama 100 menit untuk setiap peserta dengan 100 soal, terdiri 5 mata uji yang diujikan, yakni Matematika, Fisika,Kimia, Biologi, Bahasa Inggris atau sekitar 20 soal masing-masing bidang. Yang berbeda hanya calon yang dari lulusan SMK Jurusan Mesin atau pelayaran mereka tidak menjawab soal biologi, sehingga hanya sekitar 80 soal saja yang dikerjakan.

“Setelah tes akademik, peserta akan mengikuti tes ke tahap berikutnya yakni tes fisik, kesehatan dan wawancara pada Rabu dan Kamis esok,” terang Edi Sugriwa. (Tim)

About Halo Jambi

Baca Juga

Gelar Tabligh Akbar, Pemkab Datangkan Mamah Dedeh

Kuala Tungkal, halojambi.id – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 H, Pemerintah Kabupaten Tanjung …