Home / Mata Jambi / 611 Koperasi di Provinsi Jambi Diusulkan Untuk Bubar

611 Koperasi di Provinsi Jambi Diusulkan Untuk Bubar

Ilyas, plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi. 

 

Jambi, halojambi.id – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi mengusulkan sebanyak 611 Koperasi untuk dibubarkan kepada Kementerian Koperasi (Kemenkop). Hal tersebut disampaikan Ilyas, Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi.

Ilyas mengatakan pengusulan dibubarkannya koperasi tersebut karena 3 tahun lebih tidak melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan), koperasi inilah yang diusulkan untuk dibubarkan yang sekarang dalam proses pembubaran di Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

“iya, ini sudah kita ajukan dan sudah di terima oleh pusat,” ujarnya, saat dikonfirmasi Halo Jambi di ruang kerjanya, (05/10) Jum’at.

Dijelaskan Ilyas, dari 611 koperasi yang diusulkan untuk dibubarkan tersebut, hanya sebanyak 584 koperasi di Provinsi Jambi yang disetujui Kementerian Koperasi untuk dibubarkan.

” yang paling banyak disetujui untuk dibubarkan berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebanyak 120 Koperasi sedangkan untuk Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tidak ada koperasi yang dibubarkan,” jelasnya.

Disampaikan Ilyas, kesulitan dalam pembubaran Koperasi tersebut masih ada kendala karena dari daftar koperasi yang diusulkan untuk pembubaran adalah koperasi penerima bantuan program dari Kementerian Koperasi dan UKM RI baik bantuan perkuatan maupun bantuan permodalan yg diterima oleh koperasi tersebut.

Lanjutnya, Ilyas mengatakan dirinya akan terus melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap koperasi dengan melakukan koordinasi dengan dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kabupaten / Kota dalam Provinsi Jambi.

” kita akan tetap melakukan identifikasi dan inventarisasi kepada koperasi, mana yang masih bisa dibina untuk dikembangkan dan mana yang tidak,” katanya.

Dalam melakukan identifikasi dan inventarisasi terhadap Koperasi, kata Ilyas disamping pihak Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi pihaknya juga akan menggerakanTenaga Kontak PPKL ( Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan ) yang tersebar di Kabupaten/Kota dalamProvinsi Jambi

“hal ini dalam upaya untuk mendapatkan data yg akurat sehingga dalam kita melakukan pembubaran koperasi tepat sasaran,” jelasnya.

Adapun koperasi yang disetujui Kemenkop untuk dibubarkan di Kabupaten/kota Provinsi Jambi yaitu Kota Jambi sebanyak 97 koperasi, Muaro Jambi 71 koperasi, Batanghari 100 koperasi, Tanjab Barat 120 koperasi, Tanjab Timur 48 koperasi, Tebo 96 koperasi, Muaro Bungo dan Merangin 18 koperasi, serta Sarolangun 16 koperasi.

Sedangkan, untuk Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tidak ada koperasi yang dibubarkan.

Ia menambahkan Dinas Koperasi dan UKM lebih memfokuskan pada koperasi secara kualitas dan bukan kuantitas koperasi.

“diharapkan kedepannya akan tumbuh koperasi yang berkualitas dan mandiri minimal setiap kecamatan dalam provinsi ada koperasi yang berkualitas yang sehat secara kelembagaan dan usaha koperasi,” pungkasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Polda Jambi Gelar Doa Bersama Ciptakan Pemilu Aman, Damai dan Sejuk

Jambi, halojambi.id – Dalam rangka menjaga Soliditas Polri khususnya Polda Jambi dalam menghadapi Pemilu 2019, Kapolda …