Home / Mata Jambi / Halo Timur / Antisipasi Karhutla, Pemerintah Kecamatan dan TNI-POLRI Gelar Simulasi

Antisipasi Karhutla, Pemerintah Kecamatan dan TNI-POLRI Gelar Simulasi

TANJAB BARAT, halojambi.id – Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan maupun lahan akibat musim kemarau berkepanjangan, digelar Apel Bersama Kesiapsiagaan dan Simulasi Tanggap Darurat Karhutla Tahun 2018 tingkat kecamatan, bertempat di Mapolsek Tungkal Ulu, Selasa (31/7/18).

Apel bersama tersebut dipimpin oleh Camat Tungkal Ulu Johan Hendri Bororing, S. STP dan turut dihadiri oleh yakni, Camat Tebing Tinggi Ardiansyah, SE, Camat Batang Asam Dian Ismail Paripurna, S.SOS, Danramil 0419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Gunawan, Kapolsek Merlung AKP Tristianto, SH, Kapolsek Tungkal Ulu IPTU Hermanto, Kepala Distrik V PT. WKS Bpk. Riki, Perwakilan PT. PSJ Bpk Tedi Ferdian, Kasubsektor Tebing Tinggi IPDA W.S Jatmiko, SH, Kanit Reskrim Polsek Merlung IPDA Windy TK, SH, Kepala Puskesmas Pelabuhan Dagang dr. Cerly Scorpio beserta Staf, Perwakilan Puskesmas Suban, Para Lurah/Kepala Desa Se Kec. Tebing Tinggi, Tungkal Ulu dan Batang Asam serta Staf Camat.

Camat Tungkal Ulu Johan Hendri Bororing, S. STP dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini diinisiasi oleh puskesmas Pelabuhan Dagang dan difasilitasi oleh Polsek Tungkal Ulu serta didukung oleh Pemerintah Kecamatan, Koramil Tungkal Ulu, Perusahaan dan KMPA.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini adalah meningkatkan sinergitas lintas sektoral dalam penanggulangan Karhutla di wilayah ulu sekaligus mendukung kesuksesan kegiatan Asian Games 2018 nanti,” ujarnya

Lanjut Johan mengatakan, kami dari Pemerintah Kecamatan dalam hal ini Tungkal Ulu, Camat Tebing Tinggi dan Camat Batang Asam Sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan ini. Unsur Pemerintahan Kecamatan akan selalu siap bersama-sama dengan Instansi terkait TNI-POLRI dalam mencegah dan penanggulangan Karhutla,” pungkas Johan

Sementara, Kapolsek Merlung AKP Tristianto, SH dalam sambutannya mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan apel ini adalah dalam rangka menyamakan langkah, serta menyatukan tekad untuk saling bahu membahu dalam mengendalikan bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor non alam (kelalaian manusia).

“Pihak Kepolisian sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut, kegiatan ini dijadikan sebagai giat untuk Solidaritas antar Instansi yg berada di Wilayah Hukum Polsek Tungkal Ulu dan apabila ada terjadinya Karhutla agar seluruh pihak dapat bekerjasama untuk dapat bersama-sama dalam upaya Pemadaman Kebakaran,” pungkasnya

Sedangkan, Danramil 0419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Gunawan dalam sambutannya menegaskan, pada prinsipnya arahan Kapolsek sudah bagus, apel siaga bertujuan mengecek kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi bencana Karhutla, yang merupakan bagian dari upaya pencegahan sebelum terjadi bencana, serta menyamakan persepsi dan langkah langkah dalam upaya penanggulangan bencana Karhutla, demi terwujud Tanjab Barat zero hotspot, khususnya yang terjadi ditingkat kecamatan.

“Melalui apel siaga bencana ini dihimbau kepada seluruh unsur terkait yang hadir, sekiranya bisa kompak dan bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntus, guna dalam hal yang berkaitan dengan bencana alam,” Ujarnya

Usai apel bersama, digelar acara foto bersama dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Pencegahan Karhutla, Pengenalan Alat-alat Pemadam Kebakaran oleh Tim RPK PT. WKS serta Simulasi cara mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Apel Bersama Kesiapsiagaan dan Simulasi Tanggap Darurat Karhutla Tahun 2018 tingkat kecamatan, diikuti oleh Regu RPK Distrik V PT. WKS, Regu RPK PT. PSJ Makin Group, Perwakilan KMPA, Personel Polsek Tungkal Ulu, Personel Polsek Merlung, Personel Koramil 0419-02/Tungkal Ulu, Satpol PP Tungkal Ulu, Tebing Tinggi dan Batang Asam. (fz)

About Halo Jambi

Baca Juga

Pewarta dan AJT Sesalkan Terkait Pemeriksaan 3 Wartawan Tanjab Timur

Tanjab Timur, halojambi.id – Tiga orang jurnalis di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur diperiksa penyidik …