Home / Bisnis / BI Jambi Kampanyekan GPN, Ini Dia Manfaatnya

BI Jambi Kampanyekan GPN, Ini Dia Manfaatnya

Sambutan Bayu Martanto, Kepala Bank Indonesia Provinsi Jambi.

 

Jambi, halojambi.id – Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi mengkampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Jalan Ahmad Yani, Telanai Pura, Minggu (16/09/2018) pagi.

Dalam acara tersebut, terdapat 35 stand bank yang ikut menyemarakkan GPN yang diselenggarakan oleh BI Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Kepala BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto mengatakan salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Maka kegiatan GPN dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang lancar aman, efisien, dan andal serta dengan memperhatikan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi, dan inovasi yang semakin maju, kompetitif, dan terintegrasi, maka kebijakan sistem pembayaran nasional perlu diarahkan pada pembangunan ketahanan, pengembangan yang terintegrasidan berkesinambungan, serta peningkatan daya saing.

“Untuk itu, diperlukan penataan infrastruktur, kelembagaan, instrumen, dan mekanisme pembayaran nasional dalam suatu tatanan yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas,” ujarnya.

Bayu menjelaskan, Sasaran GPN yaitu menciptakan ekosistem interkoneksi (saling terhubung), interoperabel (saling dapat beroperasi), dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik yang aman, efisien, andal, dan lancar.

Hal ini juga untuk mendukung program pemerintah seperti bantuan sosial non tunai, strategi nasional keuangan inklusif, elektronifikasi jalan tol dan GNNT yang ditujukan untuk efisiensi perekonomian nasional.

Disebutkan Bayu, dalam upaya mendorong masyarakat menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan akan memberikan 5 (lima) manfaat.

Pertama, masyarakat dapat mengunakan kartu ATM/Debet berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM/Debet GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Ketiga, biaya transaksi menjadi lebih efisien karena biaya Merchant Discount Rate (MDR) turun, semula berkisar s.d 3,5 % menjadi 0,15 % untuk transaksi on us dan 1 % untuk transaksi off us. Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas). Dan Kelima, biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

” Kegiatan kick off Kampanye GPN pagi ini menjadi titik awal periode penukaran kartu ATM/Debet berlogo GPN oleh masyarakat Jambi. Masyarakat hanya perlu membawa Kartu Tanda Pengenal, kartu ATM/Debet lama, dan buku tabungan untuk mendapatkan kartu ATM/Debet berlogo GPN serta tidak dikenakan biaya, “jelas Bayu.

Selain itu, seluruh bank yang ada di Jambi juga telah berkomitmen untuk melayani penukaran kartu ATM/Debet di kantor bank masing-masing pada jam kerja.

Bayu menambahkan, bahwa kartu ATM/Debet berlogo GPN hanya akan dapat digunakan untuk transaksi domestik atau transaksi di wilayah NKRI.

” Bagi nasabah yang mempunyai kebutuhan untuk menggunakan kartu ATM/Debet untuk melakukan transaksi di luar negeri, kami sarankan untuk minimal X memiliki kartu ATM/Debet berlogo GPN sedangkan kartu ATM/Debet lainnya masih dapat menggunakan prinsipal internasional. Berkaitan dengan kartu kredit, saat ini nasabah masih tetap menggunakan kartu kredit berlogo prinsipal internasional, “pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Kampanye GPN di Provinsi Jambi merupakan batch 3 yang sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, Padang, dan kota-kota besar lainnya untuk batch 1 serta Lampung, Malang, Samarinda, dan kota-kota lainnya untuk batch 2.

Selain acara kampanye GPN yang digelar, BI Provinsi Jambi juga mengadakan kegiatan senam sehat bersama, doorprize dan game-game menarik. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Lihat! Empat Uang Kertas Ini Tak Berlaku Lagi Tahun 2019

  Jambi, halojambi.id – Bank Indonesia telah menarik dan mencabut peredaran empat pecahan Uang Kertas …