Home / Perbankan / BI Siapkan Uang Tunai Rp 2 Triliun -Untuk Memenuhi Kebutuhan Perayaan Natal dan Tahun Baru

BI Siapkan Uang Tunai Rp 2 Triliun -Untuk Memenuhi Kebutuhan Perayaan Natal dan Tahun Baru

istimewa

 

JAMBI, halojambi.id  — Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai saat Natal dan Tahun baru telah diantisipasi oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jambi.

Uang tunai senilai total Rp 2,03 triliun dalam berbagai pecahan, telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang natal dan tahun baru, dan hampir seluruhnya merupakan uang baru.

Kepala System Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi BI Perwakilan Provinsi Jambi, Poltak Sitanggang mengatakan,  uang tunai yang disiapkan terdiri dari pecahan besar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu totalnya mencapai Rp 1, 8 triliun, sedangkan untuk pecahan uang kecil baik logam maupun uang kertas mulai Rp 1000 hingga Rp 20 ribu senilai total Rp  189, 64 miliar .

“Uang tersebut tersebar di Perbankan yang ada di Provinsi Jambi dan jumlahnya disesuaikan dengan proyeksi kebutuhan masyarakat menjelang natal dan tahun baru,” ujarnya.

Proyeksi didasarkan pada pengalaman satu hingga dua tahun terakhir.  Jumlah uang yang disediakan tersebut, menurut Poltak, diperkirakan akan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan termasuk saat menarik uang dari ATM pada masa liburan natal dan tahun baru mendatang. “ Sebagai bank sentral, BI telah melakukan antisipasi menghadapi hari besar keagamaan. Untuk saat ini yang akan dating adalah Natal. Selain itu juga ada tahun baru. Itu merupakan tugas rutin kita. Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kebutuhan uang,” katanya.

Sementara itu, menjelang natal dan tahun baru, BI semakin mengintensifkan koordinasi dengan seluruh Perbankan yang ada di Provinsi Jambi.  Bank Indonesia telah meminta seluruh Perbankan untuk menyerahkan laporan dan proyeksi kebutuhan uang menjelang natal dan tahun baru, termasuk kebutuhan untuk pengisian ATM. Selain itu, berbagai potensi gangguan baik transaksi tunai maupun non tunai juga telah diantisipasi.(uya)

About admin

Baca Juga

Jumlah Dana Tabungan BPR Menurun

  JAMBI, halojambi.id –Bank Perkreditan Rakyat (BPR)  di Provinsi Jambi menunjukan pertumbuhan  positif.  Kantor Otoritas …