Home / Mata Jambi / BNNP Jambi Awasi Peredaran Narkoba di dalam Lapas

BNNP Jambi Awasi Peredaran Narkoba di dalam Lapas

Jambi, halojambi.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi melakukan sejumlah langkah dalam menangani maraknya peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Provinsi Jambi.

Kepala BNNP Jambi, Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan dalam rangka mengungkap peredaran narkotika di dalam lapas pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala devisi lapas Kakanwil kemenkumham Jambi.

“Langkah yang kita ambil tersebut yakni memisahkan antara narapidana narkoba dan non narkoba bahkan saat ini para narapidana narkoba kita fokuskan ke lapas sabak,” katanya.

Langkah tersebut merupakan bentuk pengawasan dan mempersulit ruang gerak peredaran narkoba di dalam lapas maupun yang dikendalikan dari luar lapas.

“Itu salah satu langkah, kita belum bisa sampaikan semuanya kepublik karena kita masih menyiapkan yang lainnya dalam hal ini,” jelasnya.

Sementara itu disinggung terkait dengan upaya preventif, Heru mengatakan seperti yang dilakukan saat ini yakni dengan mengandeng komunitas untuk melakukan pola hidup sehat.

“Intinya BNN mengajak masyarakat untuk hidup sehat, Pola hidup sehat dan gaya hidup sehat, dan pola ini yang akan kita budayakan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa membentengi dirinya terhadap pengaruh-pengaruh penyalahgunaan Narkoba,” Ujarnya. Senin (29/10).

Ditegaskan Heru, dengan pola hidup sehat membuat masyarakat tidak mudah tersusupi dengan penggunaan narkotika baik sabu, ekatsasi maupun jenis lainnya.

“Kita sudah sepakat bersama mereka untuk melawan dan menolak narkotika baik penggunaan maupun peredaran,” katanya.

Heru, menyebutkan dengan mengandeng komunitas dapat menekan posisi Jambi pada saat ini.

“Kita berusaha menghilangkan rangking ke empat penyalagunaan Narkoba, bahkan kalau perlu sampai peringkatnya tidak ada,” jelasnya.

Selain itu, langkah dengan mengandeng komunitas tersebut merupakan salah satu langkah menjalankan Inpres no 6 tahun 2018 terkait dengan rencana aksi nasional pemberantasan narkotika dan pencegahannya.

“Implementasinya adalah salah satunya seperti ini, kita membuat kegiatan ini dalam rangka sosialiasi untuk memahami tentang bahaya Narkoba,” tuturnya.

Heru mengungkapkan selain langkah preventif, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah penindakan seperti dilakukan beberapa waktu lalu yang diketahui merupakan jaringan internasional.

“Belum lama ini kita melakukan penangkapan itu salah satu bentuk penindakan. Penangkapan itu sendiri dilakukan dikawasan perbatasan jambi sumbar,” Ungkapnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Kapolda Jambi Pantau Debit Air Sungai Batanghari

Jambi, halojambi.id –¬†¬†Mengingat Kondisi saat ini masuk dalam musim penghujan, Kepala Kepolisian Daerah Jambi Irjen …