Home / Bisnis / BUMdes Plus Bank Jambi Bersama Pemerintahan Dusun Dalam Kabupaten Bungo di Dilaunching

BUMdes Plus Bank Jambi Bersama Pemerintahan Dusun Dalam Kabupaten Bungo di Dilaunching

MUARA BUNGO, Halojambi.id –Dalam rangka Inklusi Keuangan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Plus Bank Jambi bersama Pemerintahan Dusun Dalam Kabupaten Bungo di Lounching oleh Bupati Bungo H Mashuri Kamis (26/4/18).

Acara di gelar di gedung Darma wanita Kabupaten Bungo di hadir Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Apriyanto, Dandim 0416 Bute, Derektur Pemasaran Bank 9 Jambi, Perwakilan OJK Provinsi Jambi, Pimpinan Cabang Bank 9 Jambi Cabang Muara Bungo, sejumlah kepala OPD, Camat, Kepala Desa, serta undangan lainnya.

BUMDes Plus merupakan hasil sinergitas dari produk-produk Bank Jambi seperti kredit resi gudang, kredit factoring (anjak piutang), kredit kulakan, kredit 21, CCM (Cardless Cash Machine) atau Mesin tarik tunai tanpa kartu, dan mobile banking Bank Jambi.

BUMDes Plus terbentuk sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Khususnya di Kabupaten Bungo.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, bahwa setiap Desa dapat memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna meningkatkan perekonomian di desa, namun masih mengalami kesulitan dalam hal permodalan.

Melihat hal itu, Bank 9 Jambi selaku Bank Daerah tergerak mendorong pengembangan usaha BUMDes untuk menyukseskan amanat undang-undang tersebut. Salah satu bentuk peran serta Bank 9 Jambi adalah memberikan bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman kredit dan usaha kemitraan jasa perbankan.

Bupati Bungo H.Mashuri saat sambutan berharap BUMDus yang didirikan dan dikelola oleh masyarakat dan pemerintah dusun, diharapkan dapat menumbuh kembangkan dan memperkuat perekonomian Dusun, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, serta mengoptimalkan asset dusun yang pada dasarnya dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Pada moment yang sangat baik ini, saya menghimbau agar dusun-dusun yang ada di Kabupaten Bungo dapat segera membentuk Badan Usaha Milik Dusun (BUMDus) sesuai dengan kebutuhan dan potensinya masing-masing”.Ujar Bupati.

Derektur Pemasaran dan Syari’ah Bank 9 Jambi, Dr H Yunsak Elhakon, SH, M. Si menerangkan jika BUMDes Plus merupakan bentuk intermediasi dengan menyalurkan kredit maupun transaksi pembayaran.

Adapun sistem kredit tuntas 21 yang ada dalam program Bumdes Plus ini, yakni kredit tanpa agunan. Kredit tersebut dengan bunga yang lebih kecil yaitu 3%, “Selain itu ada juga kredit anjak piutang atau invoice,” ujarnya.

Dengan adanya BUMDes Plus, lanjutnya lagi, masyarakat tentu akan dipermudah dalam inklusi keuangan, dan juga setiap Desa akan dipasalitasi mesin transaksi keuangan, bisa untuk penarikan tunai dengan ponsel Mobail.

“Ini akan hadir di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bungo, dan Ini akan kita realisasikan secara bertahap,” sebutnya.(Mus)

About Halo Jambi

Baca Juga

Rob’s Barrel Suguhkan Tempat Nongkrong Berbeda

Jambi, halojambi.id – Bosan dengan tempat nongkrong yang gitu – gitu aja? tak perlu khawatir …