Home / Mata Jambi / Halo Timur / Bupati Minta Penyandang Disabilitas di Didik Agar Bisa Berkarya dan Berkreatifitas

Bupati Minta Penyandang Disabilitas di Didik Agar Bisa Berkarya dan Berkreatifitas

Kualatungkal, halojambi.id – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Dinas sosial kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan acara Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK). Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial, MS di gedung Balai pertemuan Kantor Bupati, Selasa (7/8).

Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannya mengatakan, dengan kegiatan program unit pelayanan Sosial keliling ini kita wujudkan masyarakat penyandang disabilitas yang sehat, mandiri dan sejahtera menuju Jambi Tuntas 2021 dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat maju makmur dan berkualitas. Program pelayanan unit pelayanan sosial keliling ini merupakan upaya pemerintah memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus atau disabilitas dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan dasar dengan berbagai aspek yang meliputi kesehatan fisik, psikis dan psiko sosial.

“Mereka (penyandang disabilitas) harus terus diberi pendidikan dan keterampilan agar bisa menghasilkan karya dan kreatifitas layaknya manusia normal. Saya berharap kepada dinas sosial dan Tim penggerak PKK dengan kelompok dasawismanya untuk memberikan penyuluhan kepada ibu – ibu usia produktif dan anak-anak remaja kita tentang pengetahuan virus virus berbahaya bagi ibu hamil yang dapat menular dan menganggu terhadap Perkembangan janin anak,” pungkas Safrial.

Sementara itu, Kadis Sosial Provinsi Jambi, Arif Munandar dalam laporannya menyampaikan, pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan ini di 5 Kabupaten, diantaranya Tanjab Barat. Kita berharap kegiatan ini melayani masyarakat yang terkena disabilitas. Rata-rata disetiap Kabupaten ada 1000 peserta disabilitas yang butuh penanganan, jadi kegiatan kita disini apa yang mereka butuhkan, seperti kursi roda, kaki palsu dan tangan palsu, tongkat, atau alat pendengar. Kami juga berharap yang punya kompetensi agar diberdayakan disabilitas ini, atau yang punya potensi kita akan didik keluar daerah, seperti Bandung, Bogor bahkan Jakarta, supaya nantinya mereka bisa bekerja baik di perusahaan maupun masyarakat, agar mereka mempunyai hak yang sama dalam membangun bangsa dan negara.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekda Drs. H. Ambok Tuo MM, Asisten, Kepala OPD, para Kabag, Para Dokter spesialis mata, Dokter umum, Ketua DWP Tanjab Bara dan masyarakat penyandang disabilitas. (fz)

About Halo Jambi

Baca Juga

Ribuan Masyarakat Berbondong-bondong Antusias Menyaksikan Balap Pompong

TANJAB BARAT, halojambi.id – Perairan sungai Pengabuan sore tadi dipadatin balap pompong yang digelar oleh …