Home / Mata Jambi / Halo Barat / Dana Desa Talang Emas Tidak Bisa Dicairkan

Dana Desa Talang Emas Tidak Bisa Dicairkan

 

 

Laporan Dana Desa Tahun 2017 Tidak Ada Pertanggungjawaban

SAROLANGUN, Halojambi.id –  Sebanyak 148 Desa yang berada di Kabupaten Sarolangun, dan pada tahun 2018 ini yang mendapatkan program Dana Desa dari Pemerintah Pusat, tercatat baru 60 Desa yang mencairkan dana Desa Tahap I tahun 2018, perihal ini diketahui dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).

Bahkan dari catatan masih ada 88 Desa lagi yang belum mencairkan dana desa tersebut, yang belum diketahui apa kendala yang dihadapi oleh Para Kepala Desa untuk bisa mencairkan dana untuk pembangunan desa.

Kabid Belanja, DPKAD Sarolangun, Ahmat Subhan, SE mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini pencairan dana desa dilakukan secara tiga tahap, tahap pertama sebesar 20 persen yang totalnya lebih kurang mencapai 23 miliar, tahap kedua sebesar 40 persen totalnya mencapai 46 miliar, dan ketiga juga 40 persen dengan total anggaran 46 miliar, dimana pada tahun 2018 Dana Desa Di Kabupaten Sarolangun sebesar 117 miliar rupiah.

” Untuk dana desa perhari ini, tangg 9 mei 2018″ tahap I baru 60 SP2D yang sudah dikeluarkan untuk kawan kawan desa, dan tahap dua baru tiga desa, karena tahap satunya sudah selesai, “katanya.

Menurutnya, pencairan dana desa tahap I ini pihaknya tidak mengalami kendala, asalkan persyaratan yang diajukan oleh Kepala Desa sudah lengkap, pihaknya akan mengeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).” Masih separoh, kendala nya kalau kita tidak ada, itu yang bersangkutan, kawan kawan kepala desa ada ngentri siskeudes itulah, karena baru ada tahun ini. Selesai itu ke PMD, kalau rekom kecamatan saya pikir tidak ada masalah, yang jelas asal syarat lengkap kita keluarkan, “jelasnya.

Ketika ditanya satu Desa yang tidak dapat Dana Desa, ia menjawab karena pihaknya mendapatkan rekomendasi dari Inspektorat Sarolangun, agar tidak mencairkan dana desa tahun 2018, karena tahun 2017 lalu, Laporan Dana Desa tahun 2017 tidak ada pertanggungjawaban.

” Ada satu Desa yang tidak dapat Dana Desa, Desa Talang Emas, Kecamatan Singkut, karena bermasalah, dan kami dapat rekomendasi agar tidak mencairkan dana desa itu, “tukasnya. (Ajk)

About Halo Jambi

Baca Juga

Pemkab Bungo Peringati Hari Pahlawan

  MUARA BUNGO, Halojambi.id Sabtu 10 November 2018 Pemerintah Kabupaten Bungo memperingati hari pahlawan ke-73 …