Home / Bisnis / Dorong Investasi di Jambi, BPS Disagregasi PMTB

Dorong Investasi di Jambi, BPS Disagregasi PMTB

 

Jambi, halojambi.id  – Disagredasi PMTB atau Pembentukan Modal Tetap Bruto saat ini tengah dilakukan oleh BPS Provinsi Jambi. Disagredasi PMTB ini bertujuan untuk memperoleh data yang terperinci berdasarkan peninjauan lapangan usaha dan sebagai bahan untuk menyusun perencanaan kebijakan investasi.

Kepala BPS Provinsi Jambi dalam kegiatan kordinasi dan sosialisasi penyusunan disagregasi PMTB 2018 kemarin mengatakan, kegiatan ini diharapkan hasilnya nanti melahirkan data populasi beberapa komoditi yang akurat.

“PMTB ini merupakan salah satu komponen dari PDRB dimana itu terkait dengan komponen yaitu masalah investasi,”kata Dadang Hardiwan.

Ia menambagkan, terkait dengan investasi ini sebetulnya merupakan daya dorong dan daya angkat untuk pertumbuhan ekonomi terutama di sektor sektor lain. “Bayangkan saja, jika kegiatan ini PMTB bisa menghasilkan data investasi , terkait siapa saja yang bergerak di investasi tersebut, kemudian lapangan usaha apa, maka akan mrningkatkan perrkonomian Jambi secara keseluruhan, “terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan disagregasi PMTB ini bukan kegiatan Provinsi Jambi saja tetapi seluruh Indonesia. Bahkan dilakukan oleh BPS Kabupaten /Kota. Ia berharap, dengan adanya penyusunan disagregasi PMTB ini seluruh lapisan masyarakat memberikan bantuan kepada BPS untuk memberikan data yang sebenar-benarnya. Karena data investasi, dikatakan Dadang akan digunakan pada kebijakan pemerintah yang terkait investasi . Survei disagregasi PMTB ini memudahkan dalam melakukan perencanaan pertumbuhan ekonomi yang lebih detail sehingga lebih akurat, memudahkan menentukan keterkaitan sisi permintaan investasi dan sisi produksi, serta memudahkan pemerintah dalam pengalokasian anggaran sesuai target pertumbuhan yang hendak dicapai.

“akan digunakan terutama terkait dengan kebijakan oleh pemerintah terutama investasi dan untuk menciptakan iklim investasi yang bagus dan untuk dunia usaha tentunya,”terusnya.

Selain itu, dengan disagregasi PMTB ini akan membuat suatu kebijakan terutama terkait dunia usaha agar produktifitas usaha meningkat dan tentunya investasi yang diberikan tepat sasaran. Saat ini dikatakannya sedang dilakukan pencacahan data sejak Mei hingga Juni 2018.

“soalnya kegiatan kita memang permintaan pemerintah pusat. Ini permintaannya tahun lalu dan memang diawal-awal tahun ini kita sudah rapat koordinasi dan sebagainya untuk membuat kegiatan terutama survei disagregasi PMTB ini dapat berjalan baik,”tambahnya.

Disagregasi PMTB yang dilakukan meliputi institusi pemerintah, korporasi swasta, korporasi publik, rumah tangga, LNPRT. Sedangkan jenis aset yang dicacah meliputi bangunan, mesin dan perlengkapan, kendaraan, peralatan lainnya, ternak dan hasilnya, tanaman menghasilkan berulang, produk kekayaan intelektual biaya pengalihan kepemilikan non produced asset. Sedangkan kategori survei disagresi PMTB meliputi pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik dan gas, konstruksi, real estate dan lain-lain.

“Survei investasi juga bisa diurai menurut siapa yang melakukan, kemudian juga bisa diurai di lapangan usaha mana, Bayangkan saja kalau ada suatu lapangan usaha tidak ada investasi di situ. Padahal di situ bisa menjadi penggerak ekonomi gambarannya seperti itulah mengenai pentingnya disagregasi PMTB ini, “ungkapnya.

Ia meminta agar masyarakat tidak menutup diri ketika memberi keterangan dengan BPS. Sebab data ini bersifat rahasia tidak akan ditampilkan per masing-masing individu. Pada survei ini jumlah responden terdiri dari rumah tangga sebanyak 240 sampel, perusahaan finansial dan non finansial sebanyak 440 sampel, lembaga non profit sebanyak 70 sampel dan pemerintah dan desa sebanyak 55 sampel.

” Selesainya sampai bulan Juni 2018 dan selanjutnya akan diolah datanya dan akhir tahun Insyaallah akan mengkaji lagi menganalisa nih 2019 kita bisa menghasilkan data terkait dengan perubahan stok kapital,”papar Dadang. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Original Levi’s Store Hadir di Jamtos

Jambi, halojambi.id – Jeans adalah salah satu pakaian favorit yang disukai oleh berbagai kalangan dan …