Home / Mata Jambi / Halo Timur / Dua Tahun Forum CSR Terbentuk,  Perusahaan yang Menyalurkan Baru 50 Persen 

Dua Tahun Forum CSR Terbentuk,  Perusahaan yang Menyalurkan Baru 50 Persen 

 

Muarasabak, halojambi.id – CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, berupa memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Dikabupaten Tanjung Jabung Timur Forum CSR sudah dibentuk pada Tahun 2016, ironisnya sejauh ini baru 50 persen prusahaan yang ada di kabupaten Tanjab Tim yang terkoordinir dalam menyalurkan CSR.

“Dari 46 prusahaan yang ada, Baru 22 Prusahaan yang sudah menyerahkan realisasi CRS,” Ujar Hamidah Kabid perencanaan infrastruktur wilayah Bapeda Kab Tanjab Tim.

Dikatakannya, dalam menjalankan perda yang terbentuk atas inisiatif dewan DPRD Tanjab Tim tahun 2013, Forum CSR Kabupaten sudah melakukan upaya upaya kepada prusahaan yang ada, agar perda ini berjalan.

“untuk CSR ini, upaya yang telah kita lakukan, kita sudah menyurati seluruh prusahaan yang belum menyalurkan CSR,” ungkapnya

Dilanjutnya, bukan hanya menyurati prusahan, salah satunya pemda kabupaten tanjab tim mengundang prusahan-prusahan tersebut melalui forum, dan melibatkan OPD terkait guna mensosialisasikan Perda CSR ini.

“kita mengundang, merangkul mereka, guna mensosialisasikan perda CSR yang sudah dibentuk, dan ada kewajiban prusahaan untuk menyalurkan CSR ini terhadap kabupaten atau masyarakat tempat mereka beroperasional,” jelasnya

Ditambahkanya, ada sanksi tegas jika prusahaan tidak mengindahkan perda CSR ini, sanksi tegas itu akan mereka dapatkan bila aturan CSR itu tidak mereka jalankan.

“sesuai perda kita, sanksi pertama yang akan kita lakukan teguran tertulis, sanksi tegasnya kita akan cabut izinnya,”pungkasnya. (AQ)

About Halo Jambi

Baca Juga

Ribuan Masyarakat Berbondong-bondong Antusias Menyaksikan Balap Pompong

TANJAB BARAT, halojambi.id – Perairan sungai Pengabuan sore tadi dipadatin balap pompong yang digelar oleh …