Home / Advertorial / Gelar Cerdas Cermat Kadarkum, Pemkot Jambi Perkuat Pengetahuan Hukum Masyarakat

Gelar Cerdas Cermat Kadarkum, Pemkot Jambi Perkuat Pengetahuan Hukum Masyarakat

 

JAMBI, halojambi.id – Pemerintah kota (Pemkot) Jambi melalui Bagian Hukum, Selasa (24/4/2018) sekitar pukul 09.00 menggelar cerdas cermat Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Kecamatan.

Kasubag Bantuan Hukum Pemkot Jambi Siska Octora mengatakan, cerdas cermat diadakan bertujuan untuk membentuk kader-kader keluarga sadar hukum.

“Jadi untuk penguatan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya hukum itu, Kita bentuk dari lini terbawah,” jelas Sisca.

Untuk materi pertanyaan, diantaranya meliputi tentang penanggulangan bahaya narkoba, UU lalulintas serta perlindungan anak.

“Disini masyarakat Kita tampilkan, bahwa hukum itu sangatlah penting dari tingkat atau di lingkungan keluarga sampai ke tingkat negara,” tegas Sisca saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Diharapkan dengan terbentuknya kelompok Kadarkum akan memotivasi keluarga sadar hukum yang lain, arti pentingnya hukum itu di masyarakat.

Sisca menjelaskan bahwa kelompok Kadarkum sebagai lini terbawah yakni tingkat RT, terbentuk dari penyuluhan hukum sebelumnya.

Dirinya menambahkan, Kadarkum ini telah mendapatkan pembinaan yang selanjutnya dilombakan pada tingkat Kecamatan seperti yang diadakan saat ini.

“Nanti pada triwulan ke tiga atau empat, baru diadakan lomba tingkat Kota Jambi,” ujar Sisca.

Tak seperti cerdas cermat pada umumnya, cerdas cermat Kadarkum ini setiap tim pesertanya dari beragam profesi.

“Diantaranya bisa tokoh masyarakat di lingkungannya, ibu PKK, Karang Taruna, pelajar dan mahasiswa. Pesertanya Kita serahkan ke Kecamatan, dari kelurahan mana saja yang dijadikan peserta,” pungkas Sisca.

Acara yang berlangsung di ruang pola kantor Walikota Jambi, menampilkan juri yang berasal dari Kanwil Hukum dan HAM, dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi serta pihak akademisi. (ca2/adv)

About admin

Baca Juga

Fachrori : Pemprov Jambi Dukung Pengembangan Jasa Keuangan Syariah

  Jambi, halojambi.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi …