Home / Mata Jambi / Halo Timur / Ignasius Jonan Resmikan Bantuan Sumur Bor dan LTSHE di Desa Kemingkingdalam dalam

Ignasius Jonan Resmikan Bantuan Sumur Bor dan LTSHE di Desa Kemingkingdalam dalam

MUAROJAMBI, halojambi.id – Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Ignasius Jonan Senin (6/8) pagi resmikan bantuan sumur bor air bersih dan penyerahan secara simbolis Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Desa Kemingkingdalam Kecamatan Tamanrajo Kabupaten Muarojambi. Kedatangan Orang nomor satu di Kementrian ESDM ini disambut hangat Plt Gubernur Muarojambi H. Fachrori Umar didampingi Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro. Turut hadir dalam acara tersebut anggota BPK IV RI Rizal Djalil, Kaban Geologi Rudi Suhendar, Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementrian ESDM Rida Mulyana, Sekda Muarojambi Fadhil Arief, Kades Kemingkingdalam Anang serta kepala OPD di lingkup Pemkab Muarojambi.
Dalam sambutannya, Mentri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan bahwa pada tahun ini kementriannya akan membangun sebanyak 550 bantuan sumur bor air bersih untuk seluruh Indonesia.

“Tahun ini untuk Jambi pembangunan di sektor saya, saya lihat masih kurang hanya 9 sumur bor,” kata Mentri ESDM.

Kepada Plt Gubernur, dia menyarankan jika ada pembangunan di sektornya, dia mempersilahkan untuk segera mengusulkan..

“Bila ada yang sangat mendesak, Plt melalui abang kita Rizal jalil kirim surat ke saya. Tahun ini ada alokasi tambahan 50 sumur bor. Kalau perlu tahun ini kami salurkan,” jelasnya.

Pasalnya, kata dia, kalau lihat presentasi yang ditayangkan tadi, kualitas air dari sumur tradisional cukup memprihatinkan.

“Kasihan. Air ini lebih penting dari penerangan. Kalau air kurang bagus maka tingkat kesehatan masyarakat juga ikut kurang bagus. Hingga tingkat hidup manusia tidak panjang, kalaupun panjang kurang sehat,” pungkasnya.

Tak lupa, dia juga menganjurkan agar Provinsi jambi pada tahun yang akan datang bisa lebih banyak lagi mengusulkan pembangunan bantuan sumur bor air bersih ini. “Saya anjurkan Jambi mengusulkan karena tahun depan kita akan bangun bangun 750 unit sumur bor untuk seluruh Indonesia. Jika dikalkulasikan setiap daerah bisa dapat 20-25 unit bantuan sumur bor ini,” tandasnya.

Sementara Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam sambutannya, berharap warga bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya. Tak hanya itu, setiap pembangunan infrastruktur di Jambi diharapkan bisa dijaga dan dipelihara.

“Pemprov Jambi akan terus berikhtiar meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pembangunan proses jangka panjang dilakukan dengan ikhtiar yang berkesinambungan. Pelihara infrastruktur yang dibangun baik oleh Provinsi Pemkab maupun dari pusat,” katanya singkat.

Senada, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan untuk Provinsi Jambi pada umumnya dan Kabupaten Muarojambi pada khususnya.

“Terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang telah disalutkan untuk Muarojambi dan Provinsi Jambi. Apa yang diberi ini tentu akan dimamfaatkan seoptimal mungkin demi kesejahteraan masyarakat Muarojambi,” sampainya singkat.

Acara pun ditutup dengan penyerahan secara simbolis lampu tenaga surya hemat energi kepada para penerima di beberapa Kabupaten/Kota di Jambi. Selanjutnya dilakukan pemotongan pita sebagaibtanda peresmian bantuan sumur bor dan uji coba terhadap sumur bor yang sudah dibangun dengan dana sekitar Rp 500 juta perunit tersebut.(YNT/ADV)

About Halo Jambi

Baca Juga

Breaking News!!! Ribuan Masyarakat Ramaikan Pantai Babussalam 

Tanjabtim, halojambi.id – Ribuan warga di pesisir timur jambi, tepatnya di Desa Air Hitam Laut, …