Home / Mata Jambi / Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong dan Daging Mahal

Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong dan Daging Mahal

 
Diperkirakan Masih Akan Naik

Jambi, Halojambi.id – Memasuki Bulan Ramadan tinggal menghitung hari lagi, sejumlah pedagang daging dan ayam potong di Pasar Tradisional Angso Duo Jambi mengeluh. Sejak harga naik pembeli jarang belanja. Hal ini terjadi karena harga pembelian sapi naik sehingga harga daging juga naik dan pasokan ayam yang terbatas. Selasa pagi (01/05) .

Dari hasil pantauan Halo Jambi di Pasar Tradisional Angso Duo harga daging sapi lokal yang biasanya Rp 120 ribu per kilogram, naik Rp 10.000 – Rp 20.000 dibanding sebelumnya. Begitu juga dengan ayam potong harganya sudah Rp 38.000 padahal sebelumnya masih Rp 30.000.

Herman, Penjual daging mengaku jelang Ramadan bakal ada kelonjakan harga daging kerbau dan sapi sekitar Rp 130 ribu – Rp 140 ribu dan daging beku seharga Rp 100 ribu.

“Harga daging sekarang masih stabil Rp 120 ribu, namun nanti bakal ada kelonjakan harga daging,” jelasnya.

Sedangkan, mengenai pasokan stok daging jelang Puasa, Herman mengaku masih aman – aman saja, akan tetapi nantinya akan ada kelonjakan harga karena modal dari sananya juga naik.

Sementara itu, berbeda dengan harga ayam potong yang sudah dua minggu belakangan merangkak naik mendekati bulan suci Ramadan. Pasalnya harga ayam potong naik dikarenakan pasokan stok ayam yang berkurang sehingga terjadi kekosongan tidak mencukupi permintaan pasar.

“ harga ayam naik tinggi jadi Rp 38 ribu perkilogram dari harga standar biasanya Rp 28 ribu – Rp 35 ribu perkilogramnya,” ucap Buyung Sadril, Pedagang Ayam.

Ia mengaku kurangnya pasokan juga dikarenakan pertumbuhan ayam yang dipengaruhi faktor lingkungan. Jika biasanya, Sadril bisa menjual hingga 75 Kilogram dalam seharinya, saat ini dirinya hanya bisa jual seadanya dari yang diberikan oleh pemasok ayam di Pasar Tradisional Angso Duo.

“sekarangmah paling banyak pasokan ayam hanya 50 Kg,” tuturnya.

Hal yang serupa juga diutarakan oleh To’ad penjual ayam yang mengeluhkan tingginya harga ayam potong, jika biasanya dirinya bisa jual 100 Kilogram perhari saat ini hanya mendapatkan sekitar 70 kilogram saja.

“ harga ayam tinggi nian mahal jadi pembeli belinyo, takut dakmau beli pembeli,” keluhnya.

Diperkirakan harga ayam potong di Pasar Tradisional Angso Duo  masih akan melonjak naik menjelang bulan suci Ramadan mencapai Rp 40 ribu perkilogramnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Peringati HUT RI Ke-73, Swiss-Belhotel Jambi Bagikan Bendera Kepada Penumpang di Bandara STS Jambi

Jambi, halojambi.id – Merayakan hari kemerdekaan RI ke 73 tahun, Swiss-Belhotel Jambi menyapa serta membagikan …