Home / Advertorial / “KAJI KURIKULUM BERBASIS BUDAYA, SAH PIMPIN KOMISI X DPR RI KE SUMATERA BARAT”

“KAJI KURIKULUM BERBASIS BUDAYA, SAH PIMPIN KOMISI X DPR RI KE SUMATERA BARAT”

 
Jambi, halojambi.id -Dewasa ini sistem pendidikan kita telah melahirkan siswa yang tidak kenal dengan kearifan lokal daerahnya. Sebaliknya mereka lebih kenal dan bangga dengan budaya luar. Hal ini bisa terlihat dari cara berbicara, berpakaian, pola pikir dan sederet gaya hidup lainnya.

Fenomena ini disampaikan Anggota DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) ketika memimpin kunjungan spesifik Komisi X DPR RI ke Padang Sumatera Barat (30/5) mengenai kurikulum berbasis budaya kemarin.

“Sistem pendidikan kita telah membuat siswa tidak mengenal kearifan budaya lokal daerah mereka sendiri, ini membuat mereka asing dengan adat istiadat tempat mereka lahir atau tinggal.”

Untuk mengatasi hal ini Komisi X DPR mencoba menginisiasi sebuah kurikulum pendidikan yang berbasis budaya secara nasional, sehingga kunjungan ke Sumatera Barat ini merupakan bagian menjaring masukan terkait kurikulum yang akan diterapkan nantinya, ungkap SAH di hadapan puluhan stakeholder pendidikan di Padang.

Kurikulum berbasis budaya sendiri merupakan sebuah kurikulum yang berorientasi pada penyiapan lulusan berbudaya.

Dalam konteks ini SAH menambahkan berbudaya mengandung arti setiap individu mampu menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai – nilai kemanusiaan yang berkembang di masyarakat.

Sehingga menurutnya kurikulum ini nanti berorientasi pada pembentukan manusia yang memiliki watak beradab serta bermartabat, yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan tata nilai akhlak Budi pekerti yang luhur, tandasnya.(adv/sal)

About admin

Baca Juga

Besok, Fachrori Akan Sambut Tim Torch Relay Asian Games 2018

Jambi, halojambi.id – Jika tidak ada arah melintang, besok, Jumat  (3/8) jam 07.30 WIB, Pelaksana Tugas (Plt) …