Home / Advertorial / “KETIKA YANG LAIN BERGANTI, SAH SATU – SATUNYA PIMPINAN KOMISI X DPR RI YANG BERTAHAN”

“KETIKA YANG LAIN BERGANTI, SAH SATU – SATUNYA PIMPINAN KOMISI X DPR RI YANG BERTAHAN”

 
Jambi, halojambi.id –Pergantian (rolling) Pimpinan Komisi X DPR RI kembali terjadi, kali ini Wakil Ketua Komisi X Utut Adianto (Fraksi PDI – P) menyerahkan posisinya pada Dr. Reni Marlinawati (Fraksi PPP), Utut Adianto sendiri menerima amanah baru sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Pergantian ini menjadikan Sutan Adil Hendra (SAH) sebagai satu-satunya Pimpinan Komisi X DPR RI yang masih bertahan. Pernyataan ini disampaikan Dr. Saifuddin Zuhri, SE.MM salah seorang Tenaga Ahli Komisi yang membidangi Pendidikan, Pariwisata, Risetdikti, Pemuda Olahraga dan lain sebagainya tersebut.

“Pasca Fraksi Demokrat menarik Teuku Riefky dari Ketua Komisi yang lalu digantikan Pak Djoko Udjianto, lalu Pak Ferdiansyah dari Fraksi Golkar juga diganti Hetifa Sjaifudian, Pak Utut jadi Pimpinan DPR dan terakhir ibu Reni masuk, praktis kini hanya pak SAH unsur pimpinan yang paling senior di komisi X,” Jelasnya.

Maka dengan kondisi tersebut, menurutnya tak heran SAH kini di pandang sebagai motor utama dari pelaksanaan tugas-tugas Komisi X, baik dalam memimpin rapat, melakukan kunjungan, hingga merumuskan langkah-langkah strategis terkait tugas-tugas legislasi, anggaran dan pengawasan terhadap mitra kerja mereka.

“Meskipun kerja DPR tersebut kolektif kolegial, namun secara peran bisa dikatakan SAH paling memahami alur kerja Komisi X dengan mitra kerja dari 2014 hingga sekarang.”

Maka tak berlebihan jika dikatakan SAH sekarang menjadi figur kunci dalam politik anggaran, pembuatan regulasi  dan pengawasan kementerian dan lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi X DPR RI, ungkap pria yang lama menggeluti bidang pemberdayaan masyarakat tersebut.

Senada dengan itu Abuzar Ashari salah seorang pengamat pendidikan di salah universitas keguruan di Jakarta, mengakui kiprah SAH di Komisi X DPR sangat menonjol dan mampu mewarnai Komisi dengan kerja – kerja yang terukur.

“Selama SAH di Komisi X tak kurang dua Undang-Undang yang diselesaikan, seperti UU Sistem Perbukuan dan UU Pemajuan Kebudayaan, UU ini prestasi yang baik sekali di dunia parlemen.”

Maka tak heran SAH menjadi satu – satunya Pimpinan Komisi X DPR RI yang bertahan, dan ini menjadi pertimbangan Fraksi Gerindra tempatnya berasal untuk terus mempercayakan amanah tersebut pada beliau, pungkasnya. (adv/sal).

About admin

Baca Juga

Besok, Fachrori Akan Sambut Tim Torch Relay Asian Games 2018

Jambi, halojambi.id – Jika tidak ada arah melintang, besok, Jumat  (3/8) jam 07.30 WIB, Pelaksana Tugas (Plt) …