Home / Mata Jambi / Kota Jambi Alami Inflasi

Kota Jambi Alami Inflasi

Rilis di BPS Provinsi Jambi

 

Jambi, halojambi.id – Pada bulan Agustus 2018 kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,08 persen dan laju inflasi kota Jambi tahun kalender Agustus 2017 sebesar 1,52 persen.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, saat rilis berita resmi statistik di kantor BPS, Senin (3/9).

” Inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada enam kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 1.03 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar itu 0,09 persen, kelompok sandang 0,29 persen, kelompok kesehatan 3,11 persen, pendidikan rekreasi dan olahraga sebesar 1,36 persen dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan 0,84 persen,” jelas Dadang.

Dikatakanya, andil terbesar dalam pembentukan inflasi di kota Jambi yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,1813 persen. Disusul kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,1478 dan kelompok kesehatan 0,1417.

Sedangkan untuk di kota Muara Bungo inflasi tercatat sebesar 0,03 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 131,24.

Kenaikan indeks dan inflasi di Muara Bungo terjadi pada tiga kelompok pengeluaran yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,52 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0.14 persen dan kelompok pendidikan rekreasi dan olahraga sebesar 0,26 persen.

” Andil terbesar di kota Muara Bungo itu dari kelompok bahan makanan jadi, minuman rokok dan tembakau 0,1116 persen dan kelompok perumahan air listrik gas dan bahan bakar sebesar 0,0251 persen,” jelasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Divhumas Polri Gelar Diskusi Literasi Media di Jambi

Jambi, halojambi.id – Divisi Humas Mabes Polri menggelar diskusi Literasi Media yang bertempat di Ballroom …