Home / Mata Jambi / Halo Timur / KPU Tanjab Barat Terapkan Larangan Caleg Mantan Terpidana Korupsi

KPU Tanjab Barat Terapkan Larangan Caleg Mantan Terpidana Korupsi

Ilustrasi

 

TANJAB BARAT, halojambi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Tanjab Barat telah mengumumkan Pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Tahun 2019. Pengumuman pengajuan Bacaleg akan di sampaikan ke Publik selama tiga hari yg dimulai sejak tanggal 1 – 3 Juli 2018.

Selanjutnya KPU akan membuka pendaftaran Bacaleg selama 14 hari yg dibuka sejak 4 – 17 Juli 2018 yang bertempat di Kantor KPU Tanjab Barat.

Ditemui Tim di kantornya, Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin, S. Sos menyatakan bahwa Tim Divisi Teknis dan Data telah melaksanakan tahapan pengumuman pendataran Bacaleg dan akan di lanjutkan dengan penerimaan berkas caleg dari masing-masing partai politik peserta pemilu 2019.

Selanjutnya, Hairuddin juga menyampaikan bahwa dalam penerimaan Bacaleg sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018.

“Kami sebagai penyelenggara pemilu tentunya akan mematuhi dan menjalankan seluruh aturan yang telah ditetapkan oleh KPU Pusat dan akan melaksanakannya secara berjenjang sampai ke tingkat bawah” ujar Hairuddin.

Terkait dengan Aturan Pelarangan bagi Caleg Narapidana Korupsi beliau (Hairuddin. Red) juga menegaskan bahwa kami tetap akan menseleksi berkas persyaratan Bacaleg yang nantinya mendaftarkan diri ke KPU tentunya berdasarkan aturan yang ada.

” Sesuai dengan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 pada bagian ketiga tentang persyaratan Bakal Calon dalam pasal 7 point h, calon legislatif peserta pemilu harus memenuhi syarat yaitu: Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi, “katanya.

Jika dalam proses pemeriksaan berkas persyaratan Bacaleg masih ditemukan syarat yang kurang atau tidak sesuai dengan aturan KPU maka akan di sampaikan kepada Parpol terkait untuk dilakukan perbaikan. pungkas Hairuddin. (Tim)

About Halo Jambi

Baca Juga

Gelar Tabligh Akbar, Pemkab Datangkan Mamah Dedeh

Kuala Tungkal, halojambi.id – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 H, Pemerintah Kabupaten Tanjung …