Home / Bisnis / Masa Usia Tanam, Harga TBS Turun

Masa Usia Tanam, Harga TBS Turun

Istimewa

 

JAMBI, halojambi.id – Harga TBS Kelapa Sawit kembali mengalami penurunan, setelah sedikit mengalami kenaikan. Harga TBS Kelapa Sawit ini diikuti dengan penurunan di setiap usia tanam. Selain itu, juga karena masih banyak dihembuskan isu-isu oleh pasar Eropa.

Agusrizal, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi menyebutkan, isu-isu black campaign terus dihembuskan. Namun begitu masyarakat juga tetap optimis dan tidak terpengaruh.

“Kita tetap harus optimis dan tidak terpengaruh dengan hal tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Berdasarkan hasil rapat penetapan harga TBS Kelapa Sawit periode 20 Juli sampai 26 Juli 2018, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam tiga tahun dihargai Rp 1.179/kilogram, untuk usia tanam empat tahun dihargai Rp 1.256/kilogram sedangkan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam lima tahun dihargai Rp 1.314/kilogram.

“Setiap usia tanam mengalami penurunan dari pekan sebelumnya,” sebutnya.

Selanjutnya, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam enam tahun dihargai Rp 1.369/kilogram, lalu untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam tujuh tahun Rp 1.404/kilogram. Sedangkan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam delapan tahun Rp 1.433/kilogram, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam sembilan tahun Rp 1.462/kilogram.

“Untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam 10-20 tahun, pekan sebelumnya Rp 1.576/kilogram. Pada pekan ini mengalami penurunan Rp 1.506/kilogram,” katanya.

Terakhir, untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam 21 sampai 24 tahun dihargai Rp 1.461/kilogram dan untuk harga TBS kelapa sawit usia tanam 25 tahun dihargai Rp 1.393/kilogram.

Sedangkan untuk harga rata-rata CPO Rp 6.676/kilogram, untuk harga rata-rata inti sawit Rp 4.711/kologram dengan indeks K 88.18 persen.

Sementara itu, Ketua Apkasindo menyebutkan penurunan ini juga disebabkan oleh harga CPO yang mengalami penurunan.

“Iya turun, karena harga pasaran CPO agak mengalami penurunan,” pungkasnya. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Lihat! Empat Uang Kertas Ini Tak Berlaku Lagi Tahun 2019

  Jambi, halojambi.id – Bank Indonesia telah menarik dan mencabut peredaran empat pecahan Uang Kertas …