Home / Mata Jambi / OJK Jambi Gelar Hari Kartini Libatkan Jurnalis Perempuan

OJK Jambi Gelar Hari Kartini Libatkan Jurnalis Perempuan


Besok Para Wartawati Jambi Akan Tampil Feminim Berkebaya “ala” Kartini
KOTA JAMBI, halojambi.id – Akan ada hal yang berbeda dalam peringatan Hari Kartini (HK) tahun ini, sebab tidak biasanya komunitas perempuan jurnalis turut akan serta memeriah hari Kartini dengan mengenakan Kebaya Kartini dan berdandan feminis yang keseharian wartawati dilapangan lebih banyak dikenal bergaya praktis tanpa bahkan jarang yang mengenakan make up dan berpakaian modis. Namun untuk perayaan Hari Kartini tahun ini memiliki nuansa yang berbeda sebab besok Otoritas Jasa Keungan Provinsi Jambi sengaja mengundang para wartawan perempuan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Jambi bakal tampil mengenakan busana ala Ibu Kita Kartini.

Kepala Otorita jasa Keungan Provonsi Jambi Endang Nuryadin yang dikonfirmasi Halo Jambi melalui Bagian Humas Novian Kamis (19/4) mengatakan bahwa pihaknya sengaja menggelar rangkaian kegiatan Hari Kartini tahun ini dengan mengadakan kegiatan Edukasi Keungan kepada para Jurnalis Perempuan Jambi yang bertema Kartini Cerdas Literasi Keuangan .” Hal ini merupakan acara yang dirangkaian dengan kegiatan lainnya yang juga mengundang para jurnalis pererempaun untuk terlibat langsung dalam memeriahkan acara Peringtaan Hari Kartini yang sengaja kita gelar selama dua hari dengan mengadakan kegiatan Edukasi Keuangan serta pada 21 April puncak peringatan Hari Kartini dengan mengundang para jurnalis memeriahkan kegiatan dengan mengenakan kebaya Kartini,” ungkapnya.

 

Peringatan Hari Kartini 2018 yang digelar OJK Jambi dikatakan Novian sengaja memilih para jurnalis perempuan yang tergaung dalam komunitas FJPI guna mengikuti rangkaian kegiatan HK tersebut.” Ini memang khusus kami laksanakan dalam memperingati Hari Kartini. Tahun ini kami memilih Jurnalis Perempuan sebagai kartinia yang berkiprah di dunia jurnalistik. Selain itu kegiatan ini juga bersamaan dengan Peringatan Hari Konsumen Nasional,” ujar Novian.

Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPJ) Jambi Nining Antero yang dikonfirmasi Kamis (19/4) mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik undangan pihak OJK dan sangat mengapresiasi atas perhatian OJK terhadap para jurnalis perempuan yang ada di Jambi.” Sebelumnya kemarin Rabu (18/4) kita juga sudah diundang selaku pembicara dalam kegiatan Knowledge Sharing Dalam Rangka Implemetasi Program Budaya Kerja OJK, saya disana bersama Mbak Rani (sekretaris Umum FJPI) hadir selaku nara sumber kami diminta menyampaikan materi, sehingga dalam ragkaian kegiatan lainnya terkait Hari Kartini kita juga diundang hadir mengikuti yaitu pada Jumat besok acara Edukasi Keuangan dan puncaknya 21 April lusa kita diminta memriahkan acara HK dengan mengenakan kebaya Kartini, kita mengucapkan terima kasih kepada pihak OJK karena jurnalis perempuan di Jambi mendapat perhatian dan dilibatkan dalam kegiatan yang digelar OJK, kita sangat mengepreasisi hal ini, ” ungkap Nining.

Terpisah, Sekretaris Umum FJPI Jambi Yusnaini Rany yang dikonfirmasi Halo Jambi Kamis sore (19/4) mengemukakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi undangan OJK terhadap anggota FJPI Jambi.” Saya sangat menggapreasi undangan yang diberikan OJK kepada FJPI di Jambi, Apalagi undangan ini diberikan khusus untuk kaum hawa dalam rangka memepringati Hari Kartini, sekaligus sosialiasi mengenai literasi keuangan. Hal ini ini mengingatkan wanita menajdi penentu dalam hal keuangan rumah tangga,” ujar Rany.

Atas apa yang akan dilaksanakan oleh OJK mengagelar peringatan HK dengan melibatkan jurnalis perempuan di Jambi menurut Rani hal ini dinilai merupakan salah satu hal yang dapat memberikan motivasi bagi para wartawati tersebut dalam mengusung semangat Kartini.” Dalam acara yang akan digelar OJK dengan bakal dihadiri oleh 50 orang wartawati yang tergabung dalam FJPI Jambi mulai dari media cetak, online, radio serta televisi di moment ini saya berharap para wanita kembali mengingat semangat Kartini yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kedepannya hendaknya wanita semakin maju, semua harus mendapatkan pendidikan yang luas. Sehingga mereka bisa berkiprah dalam pembangunan,” ungkapnya.

Mengenai peran perempuan dalam kiprahnya turut serta membangun bangsa adalah dengan wanita menjalankan peran selaku ibu dengan sebaik-baiknya , wanita dikatakan Rany juga dituntut untuk mampu mendidik anak-anaknya agar mereka menjadi generasi penerus bangsa yang diandalkan.” Berjuang menjadi Kartini di era saat ini adalah bagaimana menjadi wanita yang sukses dibidangnya, bagaiman menjadi seorang istri , ibu sekaligus menjalan tugas profesionalnya diluar rumah. Sehingga tantangan “Kartini” saat ini bagaimana mengantisipasi tantangan globalisasi,” tutur Rany, Ketua Forum Wartawan Bisnis (Forweb) Jambi. (ifa).

About Halo Jambi

Baca Juga

Polda Jambi Gelar Doa Bersama Ciptakan Pemilu Aman, Damai dan Sejuk

Jambi, halojambi.id – Dalam rangka menjaga Soliditas Polri khususnya Polda Jambi dalam menghadapi Pemilu 2019, Kapolda …