Home / Mata Jambi / Halo Timur / Pagelaran Seni Budaya KPU Tanjab Barat Berlangsung Meriah

Pagelaran Seni Budaya KPU Tanjab Barat Berlangsung Meriah

 

” KUALA TUNGKAL, halojambi.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar kegiatan pagelaran seni budaya menyongsong 1 (satu) tahun pemilu serentak tahun 2019 yang bertemakan “melalui pagelaran seni budaya membangun pemilu berdaulat guna menyukseskan pemilu serentak tahun 2019”. Kegiatan pagelaran seni budaya tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib, bertempat di Eks gedung serbaguna Kuala Tungkal, Sabtu (21/4/18).

Ketua KPUD Tanjung Jabung Barat, Apnizal, S.Pt dalam sambutannya mengatakan berdasarkan surat dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) yang mengharuskan kegiatan pegelaran seni dan budaya digelar serentak di Indonesia, dalam rangka menyonsong 1 tahun pemilihan umum serentak 2019.

“Pemilu serentak tahun 2019 nanti akan terasa lebih istimewa karena pemilu serentak tahun 2019 tak hanya memilih pemilihan umum tapi akan ada pemilihan presiden juga, dimana ini hanya ada satu-satunya di Dunia.

Untuk pagelaran seni budaya kali in, sengaja kami fokuskan kepada siswa siswi SMA/SMK/MA sederajat, karena mereka siswa dan siswi ini adalah potensi pemilih pemula,”ujar Apnizal

Lanjut Apnizal menerangkan, pada bulan Mei 2019 nanti adalah tahapan pendaftaran caleg untuk DPRD Kabupaten oleh karena itu setiap Parpol harus menempatkan minimal 30 % keterwakilan perempuan dan pada tanggal 17 April 2019 adalah tahapan pencoblosan Pemilu serentak 2019, yaitu Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Berdasarkan surat keputusan KPU RI nomor 268/PL.01.3.Kpt/06/KPU/IV/2018, untuk Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Tanjab Barat ada 5 (lima) daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi untuk Pileg tahun 2019 yang sudah ditetapkan yakni :

1. Dapil Tanjung Jabung Barat 1 yakni, Tungkal Ilir, Sebrang Kota, dan Bram Itam (sebanyak 11 Kursi).
2. Dapil Tanjung Jabung Barat 2 yakni, Betara dan Kuala Betara (sebanyak 5 kursi).
3. Dapil Tanjung Jabung Barat 3 yakni Merlung, Renah Mendaluh, dan Muara Papalik (sebanyak 9 kursi)
4. Dapil Tanjung Jabung Barat 4 yakni, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu, dan Batang Asam (sebanyak 9 kursi).
5. Dapil Tanjung Jabung Barat 5 yakni Senyerang dan Pengabuan (sebanyak 6 kursi).

Sementara, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia pagelaran seni budaya yang telah mengerahkan seluruh kemampuan dan dedikasinya. Sehingga pagelaran seni budaya dapat terselenggara dengan baik dan meriah.

“Melalui pagelaran seni budaya ini, salah satu upaya melestarikan, mengembangkan dan memperkenalkan kesenian yang ada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujar Wabup.

Lanjut Wabup, dirinya berharap kegiatan pagelaran seni budaya ini sebagai proses pendidikan politik serta diharapkan dapat membangkitkan rasa persatuan, kesatuan dan persaudaraan peserta pemilu maupun masyarakat, meskipun nantinya berbeda pilihan, tapi mempunyai tujuan yang sama yaitu mensuksekan pemilu serentak tahun 2019 serta ikut menjaga keharmonisan, ketentraman dan keamanan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang kita cintai ini,” pungkas Wabup Amir Sakib.

Pagelaran seni budaya tersebut juga diisi dengan penampilan Jingle KPU JAYA oleh staf KPU Kabupaten Tanjab Barat, Tari Banjar Menjaring dari SMA Negeri 1 Kuala Tungkal, Tari Sekapur Sirih dari SMA Negeri 2 Kuala Tungkal, Tari Sirih Layang dari SMA Negeri 3 Kuala Tungkal, Tari Babu-Babu dari SMK 1 Kuala Tungkal, dan Penampilan Hadrah dari MAN 1 Kuala Tungkal dan PHI serta penampilan pantomim dari murid SLB Kuala Tungkal.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Tungkal Achmad Petensili, SH, Perwakilan Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Anggota DPRD Tanjab Barat Syafrizal Lubis, SH, Ketua KPU Tanjab Barat Apnizal, S.Pt, Sekretaris KPU Tanjab Barat Sutrisno, S.Pd, Kasat Intelkam Polres Tanjab Barat IPTU Dadang Saputra, Ketua Panwaslu Tanjab Barat Hadi Siswa, S.Pdi, Sekretaris Satpol PP Tanjab Barat Rusman, S.Pd, para Kepala OPD Tanjab Barat, para PPK dan PPS SeKabupaten Tanjab Barat, para pengurus Partai Politik peserta pemilu tahun 2019, para komisioner KPU Tanjab Barat beserta staf, anggota Panwaslu Tanjab Barat, Kepala Sekolah SMA 1 Kuala Tungkal, Kepala SMK N 1 Kuala Tungkal, tamu dan undangan serta rekan rekan awak media.(fz)

About admin

Baca Juga

Penerimaan CPNS Tanjab Timur 2018 Tercatat 2054 Orang Mendaftar

Tanjab Timur, halojambi.id – Pendaftaran CPNS tahun 2018 di Kabupaten Tanjabtim telah ditutup sejak 15 …