Home / Mata Jambi / Halo Barat / Penderita Virus HIV AIDS Meningkat

Penderita Virus HIV AIDS Meningkat

Ilustrasi HIV

 

MUARABUNGO, halojambi.id  – Penderita virus berbahaya HIV AIDS di Kabupaten Bungo terus mengalami peningkatan, meskipun tidak signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr Safarudin Matondang menyebutkan saat ini terdapat kurang sekitar 30 orang penderita HIV AIDS di Bungo.

“Para penderita yang ditemukan baik HIV dan AIDS, saat ini masih terus dilakukan pendataan dan pengembangan. Alhamdulillah, semua penderita terus mendapatkan obat dari rumah sakit dan melakukan rawat jalan bukan rawat inap,” kata dr Safarudin.

Mantan Kepala RSUD H Hanafie Muara Bungo tersebut mengatakan, para penderita HIV dan AIDS tersebut didominasi oleh masyarakat pendatang bukan penduduk asli Kabupaten Bungo.

“Sebagain besar pendatang, namun pendatang yang sudah akan menetap di Kabupaten Bungo,” katanya.

Ke depan Dinas Kesehatan akan terus melakukan pengawasan terhadap para penderita HIV AIDS tersebut. Dirinya juga berharap melalui KPA (Komisi Penanggulangan Aids), para penderita dapat menjadi narasumber untuk memberikan kesadaran di tengah-tengah masyarakat mengenai bahaya dari virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia itu.

Dirinya juga berharap tidak ada lagi stigma negative antara masyarakat terhadap penderita. Diharapkan pula dengan dimunculkannya penderita sebagai narasumber tersebut, dapat memberikan masukan kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit mematikan itu. (Mus/Ade).

About admin

Baca Juga

Unja Sarolangun Sepi Peminat, Pengurus Bertekad Sistem Akreditasi C Sudah Bisa di Akomodir

SAROLANGUN, Halojambi.id –Masyarakat dari tahun ke tahun untuk berkuliah di kampus Universitas Jambi (Unja) Sarolangun …