Home / Mata Jambi / Produksi Ayam Potong di Jambi Terhambat, Harga melambung tinggi

Produksi Ayam Potong di Jambi Terhambat, Harga melambung tinggi

 

KOTA JAMBI, Halojambi.id -Laporan dan informasi tentang mulai langkahnya dijual ayam potong di pasar Angso Duo mendorong instansi terkait di Pemkot Jambi turun ke pasar melakukan sidak dan hasilnya diketahui bahwa produksi ayam potong di Jambi mengalami penurunan jadwal “panen” bagi peternak ayam mengalami gangguan produksi.

Pantauan Halo Jambi di Pasar Angso Duo saat mengikuti sidak perkembangan pasar jelang Ramadan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan kemarin Senin(7/5) dari keterangan salah satu agen ayam potong Maulia (43) mengatakan bahwa produksi ayam potong dalam kota Jambi mengalami penurunan.”Hari ini Rp. 30.000 kemarin lagi Rp. 29.000 per kilogram, sayakan termasuk agen, pasokan hari ini sedikit paling seribu ekor, satu ton setengah, kalau ayam kita ambil dari Jambi inilah, kalau hari-hari sebelumnya kemarin itu tidak ada ayam maka jadi mahal, memang pasokannya kosong didatangkan dari Padang Palembang, waktu belum melejit, sekarang memang luar biasa, harganya sudah barangnya beluma ada harganya mahal pula, saya tidak tahu penyebabnya soal dikandang, kami dari agen besar Rp. 26.000 dari Padang, saya mengambil sendiri langsung di kandang,” ujar Maulia.

Akibat kekosongan produksi ayam asal Jambi menurut Maulia pihaknya mendatangkan ayam dari Palembang dan Padang.”Pagi-pagi aja ayam tidak ada, kami datangkan dari agen di Padang, harganya Rp. 30.000, untuk beberapa hari jauh-jauh, Palembang ada juga kiriman dari Padang, biasanya di Jambi inilah ada tempatnya yang berpencar-pencar,” ucap Maulia.

Harga ayam di pasar Angso Duo per kilogramnya sempat melambung tinggi hingga Rp. 50.000, namun kemarin Senin (7/5) telah mulai terjadi sedikit penurunan harga salah satu pedagang eceran Priyo (43) mengaku menjual Rp. 43.000 per kilogram, dalam satu minggu ini menurut Priyo terjadi lonjakan harga ayam potong yang dibelinya dari agen.

Terhadap kondisi ini Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi Komari mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti kondisi penyebab terjadinya “goncangan” harga ayam potong tersebut.” Untuk Kota Jambi panen ayam mengalami keterlambatan di tingkat peternak dan ini perlu kost tambahan makanya agen mendapatkan tambahan pasokan dari Muara Bulian, Palembang dan Padang, memang harga ayam potong sampai mencapai Rp. 50.000 per kilogram, kami dalam waktu yang tidak lama, In Shaa Allah akan kerja sama dengan peternakan dan Satgas Pangan dan pihak PT untuk mengetahui yang sebenarnya persolannya seperti apa kita perlu duduk bersama mengatasi ini, kita sama-sama tahu produksi ayam lambat pertumbuhannya sehingga lambat dipasarkan, In Shaa Allah nanti kita turun ke lapangan supaya pastinya jelas,” ungkap Komari. (ifa)

About Halo Jambi

Baca Juga

LPMP Jambi Beri Dukungan Program PINTAR Tanoto Foundation

Jambi, halojambi.id – Cara pembelajaran seorang guru berdiri di depan kelas yang banyak berceramah atau …