Home / Mata Jambi / PT. Pertamina Fasilitaskan Pelatihan Kerajinan Batik Tulis Kepada Warga Binaan

PT. Pertamina Fasilitaskan Pelatihan Kerajinan Batik Tulis Kepada Warga Binaan

 

PT. Pertamina Ep Asset Field Jambi memfasilitasi perlengkapan pelatihan “Batik Tulis” kepada Lapas perempuan dan anak kelas IIB Muara Bulian 

 

 

JAMBI, halojambi.id — PT. Pertamina (Persero) Jambi berkomitmen untuk meningkatkan kinerja sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, melalui kegiatan pelatihan “Batik Tulis dan Pewarnaan Alami”, peserta pelatihan tersebut wargabinaan Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi, pelatihan dibuka pada 16 April – 27 April 2018.

Pelaksana pelatihan batik tulis tersebut yakni, Manager PT. Pertamina Ep Asset Field Jambi Dirasani Thaib Fit, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Susana, Camat Muara Bulian, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana keluarga bulian dan Perlindungan Anak, Kabupaten BatangHari DPPKBP3A dan guru pengrajin batik tulis, ibu Ida Mariyanti dari Desperindak Kabupaten Batanghari.

Menurut Kalapas Perempuan dan anak Kelas IIB Jambi, Susana mengatakan pelatihan tersebut guna meningkatkan SDM wargabinaan perempuan, apabila sudah keluar dari jeratan hukum, mereka mempunyai keterampilan yang bisa menompang kehidupan mereka.

Peserta pelatihan dari warga binaan Lapas perempuan dan anak kelas IIB Muaro Bulian sedang membatik di kain putih

 

” kita mengadakan kegiatan pelatihan ini, agar wawasan mereka bisa bertambah, dan jika kembali kemasyarakat bisa diterima di lapangan pekerjaan, agar memiliki pendapatan sendiri,” kata Susana, Senin (16/04).

Manager PT. Pertamina Ep Asset Jambi Dirasani Thaib Fit Field berharap dengan pelatihan selama 2 minggu ini mereka mendapatkan bekal kerajinan batik tulis, agar bisa terjun langsung dilapangan pekerjaan,” ungkap Sugeng.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, ini kusus kita kemas untuk wargabinaan, memperoleh pengetahuan kerajinan tangan, serta wargabinaannya akan kami bimbing dan berkelanjutan, dan kita tidak berhenti sampai disini, nanti akan kita bentuk kelompok, dalam segi pemasarannya, akan kita bentuk sebuah produk-produk,” pungkas sugeng. Senin (16/4).

Peserta pelatihan “Batik Tulis” dari Warga Binaan Lapas Perempuan dan Anak di Muaro Bulian

 

Sementara guru pengrajin batik tulis, ibu Ida Mariyanti dari Desperindak Kabupaten Batanghari mengatakan pelatihan tersebut agar mereka bisa mengasah pemikiran wargabinaan, kita disini akan mengelolah pemikiran mereka, serta kita suruh mereka mendesain batik tulis dengan ukiran gambar yang menonjolkan ciri khas mereka, yakni Kabupaten Batanghari,” pungkasnya.

Selaim menyediakan pelatihan batik tulis, PT. Pertamina juga memfasikitasi kegiatan tersebut, seperti menyediakan alat, kain batik tulis, dan tenaga pengajar, dari Dekranasda dan Disperindag. (Jir).

About Halo Jambi

Baca Juga

Pemkot Jambi Tutup Sementara Festival Of Light

Jambi, halojambi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menutup sementara Festival Of Light yang berada di lapangan …