Home / Hukum Kriminal / Rampok Nasabah Bank, Sutrisno Dihadiahi Timah Panas

Rampok Nasabah Bank, Sutrisno Dihadiahi Timah Panas

MUAROJAMBI, halojambi.id – Sutrisno alias David warga asal Provinsi Bengkulu, salah satu dari 5 orang pelaku perampokan uang nasabah bank BRI sebesar Rp. 200 juta, di Jalan lintas Timur Jambi Palembang, Desa Nagasari, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi pada Agustus tahun 2017 silam harus merasakan sakit dan perihnya timah panas yang bersarang dikaki sebelah kanannya.

Pelaku tersebut tertembak oleh pihak kepolisian karena berusaha kabur ketika dibekuk oleh jajaran Polres Muarojambi ditempat tinggalnya di Bengkulu Rabu (19/9) kemarin.

Saat penangkapan polisi berhasil mengamankan barang-barang yang diduga telah dirinya gunakan dari uang hasil rampokan yaitu berupa Satu unit speda motor, Kipas angin, televisi, dan kompor gas beserta tabung gas 3 Kilo gram.

Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono mengatakan korban dari pelaku perampokan ini adalah dua orang wanita yang membawa uang 200 juta dari Bank BRI menggunakan sepeda motor untuk pinjaman PNPM kepada warga Desa Sungai Landai, Kecamatan Mestong, Muarojambi.

“Kedua korban yakni, Jumiati (29) Bendahara PNPM Mandiri warga Kecamatan Mestong, RT 02, Kelurahan Tempino, Muarojambi, dan Paryati (29) Kasi Pemerintahan Desa Suka Damai RT 03, Kecamatan Mestong, Muarojambi.” ujar Kapolres, kepada wartawan (27/9).

Dijelaskannya, adapun modus operandi para pelaku dalam menjalankan aksinya adalah mengamati target dan berpura-pura mengambil uang di ATM Bank BRI Tempino, kemudian setelah mereka mendapatkan dan melihat target menarik uang dalam jumlah besar, langsung menghubungi pelaku lainnya untuk mengikuti korban dengan menggunakan sepeda motor. Kemudian memepet korban hingga terjatuh, dan langsung merampas tas milik korban yang berisikan uang.

“Yang mencari target di Bank dan yang melakukan pemantauan kondisi aman tidaknya aksi mereka adalah pelaku Sutrisno yang sudah berhasil kita amankan, sedangkan ke empat pelaku lain nya yakni, David sebagai otak pelaku yang juga sudah diamankan di daerah Pekan Baru dalam perkara lain. Apri, Dayat dan Edo Iswanto yang masih buronan hingga saat ini bertugas mengikuti korban kemudian memepet korban hingga terjatuh dari speda motornya dan langsung merampas tas milik korban dengan menodongkan senpi kepada korban” jelasnya.

Sementara, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku Sutrisno, dijerat dengan pasal 365 ayat 1 dan 2 mengenai tindakan pencurian disertai dengan tindakan kekerasan dengan acaman hukuman diatas 5 tahun dan maksimal 15 tahun kurungan penjara.

“Sedangkan untuk 3 orang pelaku lain yang belum ketangkap masih terus dilakukan pengembangan dan pencarian terus.” ungkapnya. (dir)

About Halo Jambi

Baca Juga

Satlantas Polresta Jambi Tilang Puluhan Prngendara

    JAMBI, halojambi.id – Kegiatan Operasi Razia Rutin yang terus di tingkatkan petugas Satuan …