Home / Advertorial / Rapat Internal Komisi, SAH Perjuangkan Indikator Anggaran Yang Lebih Berkeadilan

Rapat Internal Komisi, SAH Perjuangkan Indikator Anggaran Yang Lebih Berkeadilan

 

Jambi, halojambi.id – Demi menekan angka kemiskinan dan ketimpangan anggaran publik pada Kementerian dan Lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi X DPR RI harus memiliki indikator yang berpihak pada rakyat, karena dengan keberpihakan inilah ada distribusi belanja publik yang lebih berkeadilan bagi daerah tertinggal, termiskin dan terdepan tanah air.

“Keberpihakan pada masyarakat itu dapat dilihat dari seberapa besar anggaran publik yang terakomodir dalam RKP dan RKA tiap departemen yang menjadi mitra kerja Komisi X,” ungkapnya.

Penegasan ini disampaikan Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR Sutan Adil Hendra (SAH) dalam Rapat Internal Komisi X (22/5) kemarin.

Menurutnya agenda rapat internal komisi dalam rangka persiapan penyusunan agenda kerja komisi terkait dengan Laporan BPK terhadap mitra kerja, RKP dan TKA APBN – P 2018 serta pembahasan beberapa RUU yang menjadi domain komisi.

“Rapat internal komisi dilakukan dalam rangka mempersiapkan agenda kerja yang akan dilakukan pada masa persidangan V tahun 2018 ini, salah satunya masalah RKP dan TKA APBN – P 2018,” ungkapnya.

Terkait dengan indikator anggaran publik yang akan disepakati nanti, Pimpinan komisi X DPR RI ini mengatakan pihaknya lebih menekankan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah.

Indikatornya bisa dilihat seberapa besar anggaran dan seberapa banyak program teralokasikan untuk daerah-daerah yang terkategori tertinggal, terluar dan terdalam tanah air.

Dengan indikator ini, SAH berkeyakinan ada harapan yang kuat untuk mengentaskan ketimpangan antara Jawa dan Luar Jawa, karena selama ini harus diakui pendekatan proporsional penduduk telah melahirkan ketimpangan yang dalam antar wilayah di tanah air.

Seperti masalah pendidikan, sekarang terjadi ketimpangan mutu yang sangat besar antara Jawa dan luar Jawa, jika tidak ada perubahan yang radikal dalam politik anggaran, maka akan sangat sulit mengurangi ketimpangan mutu pendidikan di tanah air, pungkasnya.(adv/sal)

About Halo Jambi

Baca Juga

Bupati Masnah Hadiri Acara Pembukaan PPSN ke IV di Sungai Gelam

Muarojambi, halojambi.id – Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busyro menghadiri acara Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) …