Home / UKM / Ratusan Koperasi di Tanjabbar Siap-siap Bubar

Ratusan Koperasi di Tanjabbar Siap-siap Bubar

KUALA TUNGKAL,halojambi.id – Sebanyak 140 koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dibekukan akibat mati suri,bakal dibubarkan. Pembubaran ratusan koperasi ini berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia‎.

Menanggapi surat tersebut, pihak Dinas Koperasi dan UKM Tanjab Barat‎ mengaku tidak mempermasalahkan rekomendasi kementerian tersebut, justru mensupport program-program kementerian.

‎”Kalau memang sudah tidak aktif, toh bakalan membebani kita. Percuma memang kuantitas, jika kenyataan kwalitasnya tidak memadai,”terang Kadis Koperasi dan UKM Tanjab Barat, Syafriwan.

Meski mengaku telah menerima surat rekomendasi pembubaran dari kementerian, Syafriwan mengatakan akan mencoba melakukan pembinaan terlebih dahulu. Pasalnya, dari 140 yang direkomendasikan pembubarannya, 25 diantaranya belum bisa dibubarkan.

Kenapa? Karena beberapa koperasi ini masih memiliki tanggung jawab. Seperti masih punya tunggakan hutang terhadap pihak ketiga. “Kalau dipaksakan bubar, siapa nanti yang menanggung hutang piutang ini,”jelasnya.

Syafriwan menyebutkan akan kembali menyarankan kementerian untuk sementara ini tidak membubarkan beberapa koperasi yang masih punya persoalan hutang.

Selain soal tunggakan pinjaman, ada juga koperasi yang baru menyampaikan laporan telah melaksanakan RAT. Dan laporan ini masuk sehari setelah surat kementerian kita terima.

“25 koperasi yang kita sarankan penundaan pembubaran menyangkut beberapa persoalan‎. Pertama soal tunggakan kredit macet, hutang piutang, dan ada juga yang sedang bekerjasama dengan pihak ketiga,”beber Syafriwan.

Dia menyebutkan, saat ini laporan koperasi diluar dari yang 25 tadi sudah disampaikan ke Provinsi. Yang selanjutnya, dari provinsi diteruskan ke pusat.

“Selain dari yang kita rekomendasikan fendding tadi, tidak menutupi kemungkinan akan di bubarkan,” tukasnya. (eko)

About Halo Jambi

Baca Juga

60 Persen Koperasi Mati Suri -Pemprov Jambi Butuh Sentuhan Dana Pihak Ketiga

    JAMBI,halojambi.id — Wilayah Provinsi Jambi memiliki sekitar 3.388 koperasi yang tercatat di masing-masing …