Home / Mata Jambi / Halo Timur / Ribuan Masyarakat Berbondong-bondong Antusias Menyaksikan Balap Pompong

Ribuan Masyarakat Berbondong-bondong Antusias Menyaksikan Balap Pompong

TANJAB BARAT, halojambi.id – Perairan sungai Pengabuan sore tadi dipadatin balap pompong yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Balap pompong itu digelar sebagai bentuk upaya melestarikan tradisi masyarakat bahari dan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke – 53 dan HUT RI ke – 73, dengan titik star di depan Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Selasa (14/8/18) sore.

Untuk peserta lomba balap pompong itu diikuti mayoritas nelayan Kuala Tungkal.

Terpantau langsung dilokasi, ribuan masyarakat Kuala Tungkal dan sekitarnya antusias menyaksikan langsung perlombaan balap pompong tersebut.

Lomba balap pompong yang digelar di perairan sungai Pengabuan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS ditandai dengan letusan pistol.

Sebelum melepas lomba Bupati H. Safrial dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dikenal dengan ciri khas masyarakat berbudaya bahari yang sebagian besar masyarakatnya memiliki kehidupan sosial dan ekonomi yang berorientasi pada sumber daya alam pantai dan laut, serta sungai pengabuan.

Terkait kondisi tersebut, Bupati berharap melalui gelaran lomba balap pompong ini dapat membangkitkan semangat melestarikan tradisi masyarakat bahari serta meningkatkan budaya disiplin menjaga keselamatan penggunaan transportasi laut dan sungai. Bupati juga berharap melalui lomba pompong ini dapat menuangkan kreasi dan inovasi sehingga di masa mendatang dapat menjadi salah satu ikon wisata di Tanjung Jabung Barat dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Saya mengharapkan perhatian serius dari seluruh komponen terkait baik pemerintah, masyarakat, bahkan pihak swasta, khususnya Organisasi Perangkat Daerah, untuk dapat bersinergi dengan sebaik-baiknya dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengembangkan semua program kegiatan pembangunan wilayah pesisir pantai dan aliran sungai pengabuan sehingga dapat membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan taraf hidup masyarakat secara merata,” ujar Bupati Safrial

Usai melepas lomba, Bupati didampingi Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua PKK dan Wakil Ketua PKK serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lantas menyaksikan jalannya lomba hingga usai.

Kemudian selesai Lomba, Bupati didampingi Wakil Bupati, Ketua PKK, Wakil Ketua PKK, Forkopimda dan Kepala OPD menyerahkan Tropi dan hadiah kepada pemenang lomba balap pompong, juara I, II, III, dan Juara Harapan serta juara pompong terindah. (Fz)

About Halo Jambi

Baca Juga

Peluncuran Kamus Bahasa Senaung, Tingkatkan Pelestarian Budaya Sekaligus Bedah Buku dan Diskusi

MUAROJAMBI, halojambi.id – Upaya meningkatkan pelestarian budaya, Pemerintah Desa Senaung Kabupaten Muarojambi melakukan peluncuran kamus …