Home / Advertorial / “SAH MINTA PANITIA ASIAN GAMES 2018 MEMBERDAYAKAN PENGUSAHA LOKAL”

“SAH MINTA PANITIA ASIAN GAMES 2018 MEMBERDAYAKAN PENGUSAHA LOKAL”

 

Jambi, halojambi.id –Sinyalemen Inasgoc lebih mengutamakan perusahaan (Vendor) asing dalam persiapan acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 memancing perhatian Komisi X DPR.

Hal ini mencuat ketika Inasgoc sebagai panitia menunjuk Five Current’s sebuah perusahaan organizer dari luar negeri sebagai pelaksana semua rangkaian kegiatan acara pembukaan hingga penutupan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Bahkan Five Current’s sendiri dalam pelaksanaannya menggandeng perusahaan – perusahaan dari luar negeri untuk mengerjakan setiap item pekerjaan.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan berbagai pihak, karena ini justru membatasi ruang gerak dari vendor lokal, yang sebenarnya juga mampu untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

Menyikapi hal ini Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) meminta panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) mempedomani Rekomendasi Panitia Kerja (Panja) DPR dalam persiapan pesta olahraga terbesar Bangsa Asia tersebut.

Ke empat rekomendasi tersebut berupa sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Salah satu sasaran yang ingin kita capai dalam pelaksanaan Asian Games ini adalah bagaimana pengalaman dalam kesempatan kepada vendor lokal untuk berpartisipasi aktif menyukseskan tahap demi tahap tiap rangkaian acara.”

Katakanlah seperti pengadaan katering atlet manca negara selama kegiatan, masa harus dilakukan vendor asing, terus koreografer dan konsep pembukaan mesti dilakukan konsultan luar, bahkan untuk cinderamata dan merchandise Asian Games pun disediakan vendor luar, inikan sama dengan tidak memberdayakan ekonomi masyarakat lokal, jelas Anggota DPR dari Jambi tersebut.

Terkait dengan hal ini SAH mengatakan pihaknya akan meminta keterangan Inasgoc selaku panitia mengapa kebijakan ini sampai dilakukan, lalu bagaimana konsep pemberdayaan masyarakat lokal.

Jangan sampai Asian Games ini membuat masyarakat dan pelaku ekonomi kita terpinggirkan, karena disini ada nasionalisme dan harga diri bangsa yang di pertaruhkan, tandasnya.(adv/sal)

About admin

Baca Juga

Besok, Fachrori Akan Sambut Tim Torch Relay Asian Games 2018

Jambi, halojambi.id – Jika tidak ada arah melintang, besok, Jumat  (3/8) jam 07.30 WIB, Pelaksana Tugas (Plt) …