Home / Mata Jambi / Sudah Kurang Lebih 425 Pengguna Aplikasi Sikesal

Sudah Kurang Lebih 425 Pengguna Aplikasi Sikesal

JAMBI, Halojambi.id – Dalam satu hari, tercatat ada sekitar 5 hingga 6 pengaduan yang masuk ke dalam  Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online (Sikesal) yang  sudah dilaunching oleh Diskominfo kota Jambi beberapa waktu yang lalu. Aplikasi pengaduan masyarakat tersebut cukup mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Terbukti saat ini sudah ada sekitar 425 pengguna yang aktif  menggunakan aplikasi tersebut. Hasilnya hampir setiap hari Diskominfo Kota Jambi mendapatkan laporan dari aplikasi tersebut.

Disampaikan oleh Nirwan, Kepala Dinas informasi dan komunikasi Kota Jambi bahwa aplikasi Sikesal bisa di-download langsung dari Playstore. Setelah di-download, masyarakat bisa langsung mendaftarkan diri dan melaporkan apapun yang terjadi di kota Jambi. “Dalam satu hari, ada 5 hingga 6 pengaduan yang masuk ke dalam sistem sistem Sikesal,”ujarnya.

Sebagian besar pengaduan masyarakat berisi tentang permasalahan pelayanan,jasa dan infrastruktur. Misalnya jalan rusak, lampu mati, lampu lalu lintas yang mati, sampah yang belum diangkut banjir dan pengaduan lainnya. Untuk menindaklanjutinya, setiap pengaduan yang masuk,akan langsung ditindaklanjuti dan dilaporkan kepada OPD yang bersangkutan. “Misalnya untuk sampah yang belum terangkat, maka kita langsung melapor ke dinas lingkungan hidup. Begitu juga untuk jalan yang rusak akan kita lanjutkan ke dinas PU. Karenakan  juga ada aplikasi adminnya jadi langsung kita lanjutkan ke admin di setiap dinas. Sehingga bisa langsung ditindaklanjuti,”bebernya.

Sementara itu menurut Sekda Kota Jambi,Budidaya bahwa Sistem Sikesal sudah dinilai dan dievaluasi oleh Kemenkominfo. Hasilnya sejauh ini sudah berjalan baik dan mendapatkan apresiasi dari masyatakat. “Sejauh ini cukup baik namun tetap terus dilakukan evaluasi. Seperti waktu antara klik pengaduan masyarakat dengan respon yang diterima. Intinya perbaikan lebih bersifat teknis saja,”bebernya. (cw1)

About Halo Jambi

Baca Juga

Diberangkatkan Malam Ini, Almarhum Aulia Tasman Akan Dikebumikan di Lempur

Jambi, halojambi.id – Jenazah almarhum Aulia Tasman mantan rektor Universitas Jambi (Unja) telah tiba di …