Home / Politik / Tingkatkan Partisipasi Pemula, KPU Kota Jambi  Sosialisasi Kepemiluan Ke Sekolah 

Tingkatkan Partisipasi Pemula, KPU Kota Jambi  Sosialisasi Kepemiluan Ke Sekolah 

KotaJambi, halojambi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula yaitu siswa-siswa yang baru memiliki haknya untuk memilih. Acara sosialisasi yang bertema “KPU Go To School Pemilih Pemula Peduli Pemilu” ini  gencar dilakukan ke sekolah-sekolah, yang sebelumnya di SMAN 5 kota Jambi dan SMAN 8 kota Jambi.

Kali ini KPU Kota Jambi mengumpulkan Perwakilan dari seluruh siswa-siswa di berbagai SMA maupun SMK negeri dan swasta se-kota Jambi, yang mana pada kegiatan ini yang menjadi tuan rumah adalah SMAN 1 kota Jambi. Kamis, (08/11/2018).

Sosialisasi KPU Go To School ini juga terdapat lomba kuis yang berjudul “Sang Juara”, yang mana pemenangnya adalah:

– Juara 1, SMAN 3 kota Jambi, a/n Aidi Alifia Putri,

– Juara 2, SMAN 1 kota Jambi, a/n M. Krisna W,

– Juara 3, SMA Xaverius II kota Jambi,  a/n Devi Yuliana.

Peserta sosialisasi yang menjadi juara Pertama dalam kuis bertema Sang Juara, Aidi Alifia Putri siswa SMAN 3 kota Jambi saat diwawancarai mengatakan  kegiatan yang dilakukan KPU Kota Jambi ini bagus dan dapat memberikan pemahaman yang baik untuk pemilih pemula.

“Rata-rata kita adalah pemilih pemula yang baru awal ikut dalam pemilu 2019 yang akan datang, kita diberikan materi-materi seputar kepemiluan, dan kita dalam kegiatan ini juga bisa mengetahui calon mana yang akan kita pilih,” ujarnya.

Sambung Aidi Alifia, dirinya juha diajak berinteraksi melalui kuis yang menarik dan diberi tahu tentang Visi dan Misi, siapa saja calon-calonnya, dan siapa partai-partainya yang menjadi peserta pemilu 2019.

“Kita yang menjadi pemilih pemula yang baru tahun 2019 nanti mulai mencoblos mulai mengenal bagaimana saja aturannya, apa saja yang dapat kita lakukan dan apa saja syarat-syaratnya, jadi kegiatan ini sangat positif, saya pastikan sebagai pemilih pemula akan mengunakan hak saya untuk memilih di pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 1 kota Jambi, Evariana mengatakan, KPU kota Jambi mengadakan kegiatan KPU Go To School sangat positif sekali, memberikan pengetahuan, pengalaman, dan masukan juga ke siswa dalam bidang akademiknya.

“Siswa juga bisa memberikan sosialisasi ke masyarakat sejatinya pemilu itu seperti apa,” katanya.

“Dalam kurikulum siswa juga ada tentang kepemiluan, namun tidak sedetail yang KPU berikan, jadi ini bisa menambahkan wawasan bagi siswa kita,” lanjutnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Jambi, Muslim mengatakan, alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan KPU kota Jambi berjalan dengan lancar, kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa-siswa yang sebagai pemilih pemula ini mengetahui tentang kepemiluan.

“Materi-materi yang KPU Kota Jambi berikan mengenai kepemiluan, agar siswa-siswa paham betul tentang kepemiluan serta mengunakan hak pilihnya di pemilu 2019 mendatang,” katanya.

Muslim berharap, pada pemilu 2019 mendatang angka partisipasi pada pemilih pemula bisa lebih meningkat drastis.

“Setelah sosialisasi ke Pemilih pemula, KPU kota Jambi juga akan melakukan kegiatan sosialisasi kepemiluan kepada forum warga yang mana dalam segmen berbeda,” tutupnya. (mam)

About Halo Jambi

Baca Juga

Merasa Tak Dukung KGP, Putra Lapor ke Bawaslu Kota Jambi

Kota Jambi, halojambi.id – M. Anugrah Putra yang juga pernah menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) …