Home / Bisnis / Transaksi Pasar Modal Capai 200 Miliar Perbulan

Transaksi Pasar Modal Capai 200 Miliar Perbulan

Jambi, halojambi.id – Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Jambi mencatatkan jumlah transaksi Pasar Modal rata – rata mencapai Rp 200 Miliar setiap bulan selama 2018. Transaksi ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 180 Miliar setiap bulan.

Fasha Fauziah Kepala BEI Provinsi Jambi mengatakan kenaikan transaksi pasar modal seiring dengan bertambahnya investor aktif ritel di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

” kenaikan ini juga dipicu dari kontribusi investor ritel,” ujarnya.

Tercatat Jumlah investor Pasar Modal di BEI Provinsi Jambi hingga Juli 2018 mencapai 5775 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 4100 investor sepanjang 2017.

Fasha menjelaskan pertumbuhan jumlah investor aktif hingga Juli 2018 lalu didominasi kalangan muda dengan usia antara 18 sampai 25 tahun yang berjumlah 1.756 investor.

“Hal ini membuktikan generasi muda semakin tinggi berminat untuk berinvestasi,” tuturnya.

Sementara itu, untuk usia 26 sampai 30 tahun berjumlah 979 investor dan usia 31 sampai 40 tahun 1.363 investor. Sedangkan untuk usia 41 sampai dengan 100 tahun berjumlah 1.402 investor.

“BEI juga tidak menyangka minat investor muda di Jambi sangat tinggi,”jelasnya.

Saat ini pihaknya terus gencar melakukan edukasi dan sosialisasi untuk mengajak masyarakat menjadi investor untuk negeri sendiri. Hal ini juga guna mencegah berkembangnya investasi bodong.

“Generasi milenial memang menjadi target BEI untuk menjadi investor aktif. BEI akan terus gencar dalam melakukan sosialisasi dan edukasi tidak hanya pada generasi muda saat ini, seluruh masyarakat baik di kota maupun ke daerah daerah,” ujar Fasha.

Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi yang telah dilaksanakan di kota Kerinci. Kegiatan aktivasi kartu AKSES KSEI dengan 253 investor saham mahasiswa IAIN Kerinci yang telah diadakan tanggal 31 Agustus 2018 lalu. Saat aktivasi, seluruh mahasiswa yang login sistem akses diberikan top up dana Rp 100 ribu. Fungsi kartu akses adalah sebagai acuan investor dalam memantau portofolionya.

Saat ini jumlah sub rekening efek (SRE) provinsi Jambi berjumlah 6.256 dan jumlah yang login sebanyak 1.010. (uya)

About Halo Jambi

Baca Juga

Swiss-Belhotel Jambi Sediakan Daging Janda

Jambi, halojambi.id – Swiss-Belhotel Jambi menawarkan menu spesial di bulan Desember 2018 untuk memanjakan masyarakat …