Home / Mata Jambi / Halo Timur / UPTD Pendidikan Tanjab Timur Segera Dibubarkan

UPTD Pendidikan Tanjab Timur Segera Dibubarkan

Tanjab Timur, halojambi.id – Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Dinas Pendidikan segera menghapus Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Di lingkungan Dinas Pendidikan setempat Kebijakan ini dinilai sebagai realisasi pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2017.

Meskipun keberadan UPTD Pendidikan di 11 Kecamatan wilayah kabupaten Tanjung Jabung Timur dinilai sangat efektif lantaran sangat membantu tugas Dinas Pendidikan dalam melakukan pelayanan. Namun tetap saja keberadaannya akan segera dihapus oleh pemerintah kabupaten Tanjab timur.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtimur Junaedi Rahmat mengatakan saat di temui awak media diruang kerjanya, pembubaran atau reorganisasi UPTD pendidikan sudah berdasarkan regulasi dalam Permendagri No 12 Tahun 2017/ tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Teknis Daerah yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Ia menerangkan keberadaan UPTD pendidikan nantinya akan di gantikan dengan koordinator wilayah (KORWIL) yang diangkat dari Jabatan fungsional ASN pengawas sekolah di salah satu wilayah UPTD kecamatan setempat yang memenuhi persyaratan.

“Saat ini pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Timur tengah dalam tahap penyelesaian penyusunan peraturan Bupati atau Perbup terkait pembubaran UPTD Pendidikan yang di gantikan oleh Korwil tersebut dan dalam waktu dekat PERBUP yang dimaksud segera rampung,” ujarnya.

Kedepan untuk lembaga pendidikan formal dan non formal baik SD/SMP dan TK juga akan menjadi UPT satuan pendidikan.

Junaedi menyampaikan untuk nasib ratusan pegawai UPTD yang dibubarkan dinas pendidikan akan melakukan koordinasi dengan pihak Badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia daerah Tanjabtim.

“Untuk jabatan struktural di UPTD sebelumnya sebagian akan mengisi jabatan struktural yang masih kosong di dinas pendidikan dan sebagian lagi ditempatkan di jabatan struktural kelurahan dan kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk tenaga administrasi sebagian dikembalikan ke dinas pendidikan dan sebagian lagi dialihkan ke staf TU yang ada di SMP di wilayah kecamatan UPTD yang bersangkutan. (kms)

About Halo Jambi

Baca Juga

Penerimaan CPNS Tanjab Timur 2018 Tercatat 2054 Orang Mendaftar

Tanjab Timur, halojambi.id – Pendaftaran CPNS tahun 2018 di Kabupaten Tanjabtim telah ditutup sejak 15 …