Home / Mata Jambi / Usai Upacara Harhubnas 2018, Fachrori Bersama Fasha Resmikan Ruang City Operation Center

Usai Upacara Harhubnas 2018, Fachrori Bersama Fasha Resmikan Ruang City Operation Center

Jambi, halojambi.id – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2018, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi bersama Dinas Perhubungan Kota Jambi menggelar upacara di lapangan Kantor Walikota Jambi. Senin (17/9).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar, Walikota Jambi Syarif Fasha, Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Shaleh Ridho, Unsur Forkopimda dan para pejabat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Usai melaksanakan kegiatan Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di lapangan Utama Kantor Walikota Jambi, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar yang didampingi Walikota Jambi Syarif Fasha langsung meresmikan ruang City Operation Center (COC) atau ruang pusat kendali ATCS.

Untuk diketahui ruang tersebut untuk memonitor tentang Kota Jambi terkait dengan arus lalulintas maupun keamanan di Kota Jambi.

Pengoperasian CC room sendiri dilengkapi dengan CCTV yang sudah terpasang diberbagai persimpangan di Kota Jambi dan sudah terkoneksi dengan sistem ATCS.

Adapun simpang yang sudah terpasang saat ini diantaranya, simpang sukorejo, simpang gatot subroto, simpang jelutung, simpang bata, dan bukit baling. Namun secara bertahap Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Perhubungan Kota Jambi akan berencana semua simpang yang dianggap penting akan terpasang semua.

Dalam wawancaranya, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan fungsi gedung ini sebagai pemantau arus lalulintas semua simpang yang sudah terpasang CCTV di Kota Jambi.

Fachrori juga berharap dengan adanya CCTV mampu meningkatkan kepatuhan para pengendara di Kota Jambi sehingga bisa meminimalisirkan terjadinya kecelakaan. ” Kota Jambi sudah bersaing dengan kota – kota besar yang lain. Alat ini sangat canggih sekali dan baru ada di Kota Jambi untuk diseluruh Provinsi Jambi.” pungkas Fachrori.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha mengharapkan Kabupaten/Kota Provinsi Jambi yang lain agar bisa membuat gedung centernya juga karena sangat bermanfaat sekali.” Tahun depan kita harapkan kepada semua bangunan – bangunan besar di Kota Jambi agar bisa memasang CCTV didepan bangunannya. Nanti semua CCTV itu akan terkoneksi dengan CCTV Kepolisian, Gunannya agar kita bisa langsung cek langsung bilamana ada tindak kejahatan yang terjadi. “pungkas Fasha.

Sementara itu juga Kadishub Kota Jambi Shaleh Ridho mengatakan kedepannya nanti akan ada pelaksanaan E-Tilang. ” Mulai hari ini kita akan mengoperasikan pengendalian lalu lintas maupun terkait dengan pelanggaran, dan kedepan kita akan mengkoordinasikan terkait pelanggaran dengan pihak Satlantas dan dimungkinkan kedepannya ada pelaksanaan E-tilang.” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Shaleh Ridho.

” Tentunya kami Dinas Perhubungan masih banyak  yang harus kami kerjakan terkait dengan pembenahan arus transportasi dan masalah parkir. Kami mohon dukungan dan suport dari masyarakat terkait pelayanan dibidang Perhubungan.” sambungnya.

Kadishub Kota juga menyampaikan bahwa terkait dengan E-Tilang, Kedepannya pihak Dishub akan mengkoordinasikan bersama pihak lantas terkait.

” Proses E-tilang, Kedepan kita akan koordinasikan bersama pihak lantas terkait Pelaksanaan ini, karena memang seluruh komponen sistem perangkatnya sudah kita mungkinkan tinggal nanti pelaksanaan dasar hukumnya aturan mainnya seperti apa.” paparnya.

” InsyaAllah secara berangsur seluruh Simpang yang ada di kota Jambi sudah terkoneksi dengan jaringan Coc.” pungkas Shaleh Ridho. (Jir)

About Halo Jambi

Baca Juga

Polda Jambi Gelar Doa Bersama Ciptakan Pemilu Aman, Damai dan Sejuk

Jambi, halojambi.id – Dalam rangka menjaga Soliditas Polri khususnya Polda Jambi dalam menghadapi Pemilu 2019, Kapolda …