Home / Mata Jambi / Halo Barat / Warga Keluhkan Pelayanan Dukcapil Tebo

Warga Keluhkan Pelayanan Dukcapil Tebo

Kantor Dukcapil Tebo

 

MUARATEBO,halojambi.id – Sejumlah masyarakat kecewa dengan pelayanan yang di berikan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dukcapil) dalam kepengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) selama ini, Pasalnya, dalam pengurusan hal tersebut bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan hingga berbulan-bulan.

“Saya sangat kecewa dengan pelayanan seperti ini. maka persoalan ini seharusnya sangat perlu segera di evaluasi,” sebut salah seorang warga Rimbo Bujang yang enggan namanya dipublikasikan, Selasa (31/07/2018).

Dirinya menyatakan, apakah itu memang sudah tahapan atau proses pengurusan selembar KK dan KTP membutuhkan waktu yang cukup lama, dan dirinya sudah berulang-ulang ke Kantor Capil. Namun, belum juga selsai.

“Pertama saya kasih berkas, disuruh balik kesini 1 minggu lagi. Terus saya kembali kata pihak capil belum selsai. Mesih menunggu tandatanani Kadisnya (Belum ditandatanan),” ucapnya.

Hal Senada juga dikatakan oleh Bujang, salah seorang warga Kecamatan Tebo Ilir, sebagai masyarakat biasa dirinya disini dapat melihat adanya sistem pelayanan yang tidak maksimal dikantor Capil tersebut.

“Saya perhatikan dengan seksama pelayanan Capil masih dibilang amburadul, banyak masyarakat lain yang mengeluh. Ketika yang mengurus orang sekitar sini masih bagus, karena dekat. Sedangkan yang jauh,” sebut Bujang.

“Yang paling banyak mengeluhkan tandatangan Kepala Dinas, kata Petugas masih nunggu tandatangan Kadis. Kadisnya (Dinas,red), seharusnya ada solusi terhadap hal itu. Yang jelas, kami minta pelayanan Dinas Capil ditingkatkan lagi kedepannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Tebo saat ingin ditemui sedang tidak ada diruangannya, dan dikatakan oleh salah seorang Pegawai Capil Pak Kadisnya lagi pulang kekampung Orang Tuanya Meninggal.

“Pak kadisnya lagi pulang kampung bang, Orang Tuanya meninggal,” singkatnya.

Menyikapi hal tersebut, Abu bakar Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo sangat menyayangi hal tersebut, dirinya mengatakan bahwa, pihak Dukcapil harus benar-benar melayani masyarakat, karena Dinas capil bersentuhan langsung dengan Masyarakat.

“Kalau menang benar begitu, kami sangat menyayangi hal tersebut. Dan tidak seharusnya pihak capil begitu. Karena itu untuk pelayanan masyarakat,” jelas Sekda Tebo, saat ditemui di ruang kerjanya.

Saat ditanya, apakah tidak menutup kemungkinan akan melakukan Sidak, Sekda menjelaskan, akan melihat dulu. Bagaimana persoalan, dan apa yang membuat pelayanan seperti itu.

“Nanti akan saya laporkan dulu dengan Pak Wakil Bupati (Wabup) dan juga kita akan lihat dulu bagaimana pelayanannya, kalau memang ada yang tidak sesuai kita sangat menyayangi hal itu,” pungkasnya. (Nul)

About Halo Jambi

Baca Juga

Mayat Pria tak Dikenal Ditemukan Mengambang di Kanal

MUAROJAMBI, halojambi.id – Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan diduga di kanal PT Wora Karya Sakti yang …