Batanghari - Ketua DPRD Batanghari M. Mahdan, memberikan apresiasi kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batanghari yang kembali meraih penghargaan tertinggi pelayanan publik ISO 9001 Tahun 2015 untuk kedua kalinya secara berturut-turut pada 25 Oktober 2018 lalu. Pada 2017, raihan pertama ditorehkan oleh OPD yang dikepalai oleh Syargawi ini.
Kepada Halojambinews, Kamis (03/01/2019), Mahdan mengatakan sangat menyambut baik raihan Disnaker Batanghari ini.
"Selaku Ketua DPRD, saya sangat menyambut baik prestasi yang didapat oleh Disnaker Batanghari karena sudah mengharumkan nama Bumi Serentak Bak Regam dalam hal pelayanan publik di bidang ketenaga kerjaan" ungkap Mahdan.
Prestasi ini, lanjut Mahdan, sudah seharusnya dicontoh maupun ditiru oleh OPD pelayanan publik lain, seperti Dinas Sosial, Disdukcapil, BPMPTSP dan pelayanan publik lainnya.
" Prestasi membanggakan yang diraih Disnaker Batanghari karena mendapatkan penghargaan ISO 9001, dua kali berturut-turut, sudah sewajarnya diikuti oleh pelayanan publik lainnya." kata Mahdan lagi.
Sementara itu, Kadisnaker Batanghari Syargawi, menerangkan bahwa penilaian serta audit yang dilakukan oleh International Standart Operation (ISO) ini mencakup penilaian terhadap komitmen Disnaker Batanghari menjalani SOP, dalam melaksanakan pelayanan umum, seperti pelayanan pengurusan penerbitan AK 1 Kartu Kuning.
" Pengurusan kartu kuning ini, pihak kami melayani dari pendaftaran sampai penerbitan hanya memakan waktu 11 menit. Sementara itu standar ISO 15 menit. Hal ini termasuk salah satu kategori penilaian utama " sebut Syargawi.
Di samping itu, konsumen juga merasa puas terhadap pelayanan Disnaker, terutama penyelesaian konflik hubungan industrial.
" Penyelesaian konflik serikat pekerja dengan perusahaan, serikat pekerja dengan serikat pekerja, masalah upah, pesangon, perjanjian kerja bersama (PKB) maupun permasalahan PP, diurus sesuai SOP. Hal tersebutlah dalam pengurusan yang membuat konsumen merasa puas" paparnya.
Ditambahkan Syargawi, kepatuhan terhadap regulasi yang diterapkan, mendapat acungan jempol dan penilain khusus dari ISO, seperti pengurusan bebas biaya, bebas pungli serta bebas narkoba.
" Nilai plus dari ISO 9001, kepatuhan kami terhadap regulasi, yakni kami membebaskan biaya terhadap publik, kami bebas pungli dan bebas narkoba" pungkas Syargawi. (Fri)